Kompas TV regional peristiwa

Saat Para Camat di Perbatasan dan Personel Pos Lintas Batas Negara Ikut Pelatihan Intelijen

Kompas.tv - 1 Maret 2023, 07:10 WIB
saat-para-camat-di-perbatasan-dan-personel-pos-lintas-batas-negara-ikut-pelatihan-intelijen
Deputi bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP Jeffry Apoly Rahawarin saat memberi sambutan di kegiatan Diklat Intelijen yang digagas Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan, Senin (27/2/2023). (Sumber: Humas BNPP/Ecan)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

BANDUNG, KOMPAS.TV – Deputi Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengajak camat di daerah perbatasan dan aparatur Pos Lintas Batas Negara (PLBN) mengikuti pelatihan intelijen.

Deputi bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP Jeffry Apoly Rahawarin menjelaskan pelatihan intelijen bagi camat perbatasan dan aparatur PLBN ini sebagai upaya kewaspadaan dini di pintu terdepan NKRI.

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam beberapa kesempatan menyatakan agar perbatasan RI menjadi sebagai beranda terdepan.

Beranda terdepan dimaksudkan bukan sekadar bangunan PLBN yang megah, tetapi juga sumber daya manusia yang baik.

Baca Juga: Pesan Presiden Jokowi ke KSAL Laksamana Muhammad Ali: Jaga Perbatasan dan Modernisasi Alutsista

"SDM yang baik salah satunya adalah penyiapan intelijen di dalamnya. Karena banyaknya permasalahan-permasalahan di perbatasan sehingga perlu dibekali terkait dasar intelijen," ujar Jeffry di acara yang digelar di Hotel Sutan Raja, Bandung, Jawa Barat, dikutip dari BNPP.go.id, Selasa (28/2/2023).

Jeffry menambahkan daerah perbatasan rawan akan tindak kejahatan. Mulai dari penyelundupan barang dan orang, perdagangan orang dan narkoba.

Belum lagi masalah disintegrasi bangsa yang sengaja dihembuskan pihak luar, konflik horizontal di daerah perbatasan negara, aksi separatis dan terorisme hingga masuknya ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

Untuk itu perlu pembekalan intelijen bagi aparatur di perbatasan negara. Apalagi tujuan dari kegiatan intelijen ini adalah mencari dan memberikan informasi untuk mencegah permasalahan tersebut terjadi, khususnya di kawasan perbatasan negara.




Sumber : Kompas TV, bnpp.go.id




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x