Kompas TV regional berita daerah

Pemprov Dan Pemkot Kolaborasi Penanggulangan Banjir

Kompas.tv - 19 Januari 2023, 20:05 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Normalisasi sungai jadi prioritas Pemerintah Kota Samarinda dalam penanggulangan banjir. seperti yang telah dilakukan di Sungai Karang Mumus yang pengerjaannya telah rampung dilakukan.

Kali ini, Pemerintah Kota Samarinda akan kembali berkolaborasi melakukan normalisasi di Sungai Karang Asam di Kecamatan Sungai Kunjang sepanjang 1.400 meter.

Dalam penelusuran sungai, sebagian titik di Sungai Karang Asam sudah dinormalisasi.

Namun masih banyak titik yang belum dilakukan, terutama mendekati pasar kedondong. dimana lokasi tersebut terjadi penyempitan sungai serta pendangkalan sungai. Hingga menjadi faktor utama penyebab banjir di sekitaran Kecamatan Sungai Kunjang.

Dalam waktu dekat, di tahun 2023 ini, pemerintah kota akan menyesaikan masalah dampak social, terkait pemukiman warga di sekitaran bantaran Sungai Karang Asam. pembebasan lahan dan ganti rugi akan dilakukan menggunakan Dana APBD Kota tahun 2023 ini.                                                      

Semantaran untuk kegiatan perluasan dan pengerjaan sungai, nanti akan dilakukan pemerintah provinsi yang langsung dilakukan Dinas PUPR Kaltim. Hal ini dilakukan guna mendukung percepatan pembangunan kota di wilayah sungai/ dalam upaya penaggulangan banjir.

Diharapkan program ini akan meminimalisir dampak banjir yang terjadi di Samarinda , khususnya di kecamatan sungai kunjang.

#Banjir #AndiHarun #Samarinda




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x