Kompas TV regional berita daerah

Dalam 5 Dekade Ini Banjir Terbesar di Kampung Naga

Kompas.tv - 20 Juli 2022, 01:20 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

 

GARUT.KOMPAS.TV, - Dalam video amatir ini banjir bandang menerjang Kampung Adat Naga Tasikmalaya air setinggi 50 senti meter masuk ke area Perkampungan Adat Naga.

Pasca banjir melanda Kampung Adat Naga Desa Neglasari Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat menyisakan rasa ketakutan bagi warga setempat.

Banjir setinggi lutut orang dewasa tersebut terjadi di tengah perkampungan tepatnya di tanah lapang dekat masjid nyaris mengancam warga dan Rumah Adat Naga, beruntung luapan air Sungai Ciwulan tersebut.

Warga adat setempat sudah paniklantaran air sungai di bantaran sungai ketinggian air sedada orang dewasadan terus meluap besarakibat hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Salawu tidak berhenti sejak sejak pagi sampai malam.

Banjir bandang kali ini merupakan yang terbesar, hingga membuat sedikitnya 30 kolam ikan terendam kolam ikan yang rata-rata berisi 1 kuintal ludes isi kolam digantikan oleh endapan pasir tebal.

Kasat Pusdalop BPBD Kabupaten Tasikmalaya Herman Suherman mengatakan banjir itu tidak hanya berasal dari luapan Sungai Ciwulan melainkan berasal dari jebolnya Tanggul Dawuan.

Tanggul Dawuan merupakan tanggul saluran air yang berada di sebelah atas Kampung Naga saluran irigasi ini menjadi sumber air utama bagi pertanian warga Kampung Naga.

Selain menghabiskan setidaknya 30 kolam ikan banjir juga telah menghancurkan belasan hektar sawah milik warga.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputarJawa Barat, bisa klink link di bawah .

IG :https:www.instagram.comkompastvjabar

Youtube :https:www.youtube.comckompastvjaw...

Twitter :https:www.twitter.comkompastv_jabar

Facebook :https:www.Facebook.comkompastvjabar




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x