Kompas TV regional berita daerah

Delapan Mortir Aktif Ditemukan Di Ladang Warga

Kompas.tv - 3 Maret 2021, 17:27 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

PONOROGO, KOMPAS TV - Delapan mortir aktif ditemukan di ladang milik warga di Ponorogo, Jawa Timur. Diduga mortir ini merupakan peninggalan zaman Belanda. Untuk kepentingan penyelidikan, 8 mortir aktif ini diamankan di Kodim Ponorogo.

Warga desa Ngrukem, kecamatan Mlarak, Ponorogo gempar setelah ditemukan 8 buah mortir tertanam di ladang milik Wuwito.

Suwito menemukan mortir dengan panjang 40 sentimeter, diameter 10 sentimeter dan bulat 38 sentimeter ini tersusun rapi di dalam tanah saat sedang membersihkan ladang miliknya. 

Suwito tak tahu pasti asal peluru aktif ini, namun temuan serupa sudah ke 3 kalinya sejak puluhan tahun terakhir di desa Ngrukem.

Polisi bersama TNI mengevakuasi delapan  mortir yang telah berkarat ini, ke Kodim Ponorogo untuk kepentingan penyelidikan.

Belum diketahui pasti jenis dan asal muasal 8 mortir yang tertanam di ladang warga ini. Namun diduga merupakan peninggalan sisa zaman perang yang sengaja ditanam.

Selain memasang garis polisi, aparat juga telah menyisir lokasi untuk memastikan tak ada lagi mortir yang tersisa. Polisi juga mengimbau warga untuk segera melapor jika ada temuan serupa.

 

#beritaponorogo #mortir #mortirperang #mortiraktif #penemuanmortir




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x