Kompas TV regional berita daerah

Dokter Tirta Akan Ikuti Vaksinasi Covid-19 Pertama di Sleman

Kompas.tv - 9 Januari 2021, 15:02 WIB
dokter-tirta-akan-ikuti-vaksinasi-covid-19-pertama-di-sleman
Dokter Tirta ketika menyerahkan chamber dan APB kepada RSUD Tanah Abang, Jakarta. (Sumber: Instagram @dr.tirta)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Dinas Kesehatan Sleman sudah meminta Dokter Tirta untuk menjadi tokoh dari kalangan informal yang akan menerima vaksin Sinovac untuk pertama kali. Selain Dokter Tirta, Bupati Sleman Sri Purnomo dan forum komunikasi pimpinan daerah (forkompinda) Sleman juga akan menjadi orang-orang pertama yang menerima vaksin.

“Kami memilih Dokter Tirta karena penting untuk meyakinkan masyarakat, dia sudah kami hubungi dan bersedia menerima tawaran kami,” ujar Kepala Dinas Sleman, Joko Hastaryo, dalam jumpa pers virtual, Sabtu (9/1/2021).

Baca Juga: Dokter Tirta Siap Live Instagram saat Vaksinasi untuk Buktikan Vaksin Sinovac Aman

Rencananya, peluncuran vaksinasi di Sleman akan dilakukan di Puskesmas Ngemplak II. Alasannya, puskesmas itu baru saja direnovasi dan tempatnya akomodatif. Terlebih, di peraturan Kementerian Kesehatan mengharuskan vaksinasi dilakukan di fasilitas kesehatan.

Meskipun demikian, ia belum bisa memastikan tanggal pelaksanaan vaksinasi karena masih menunggu EUA atau izin penggunaan darurat dari BPOM.

Pelaksanaan vaksinasi di Sleman mengacu pada aturan nasional yang dibagi menjadi dua gelombang, yakni Januari sampai April dan April sampai Desember.

“Untuk tahap pertama diberikan kepada tenaga kesehatan dan kami sudah mengusulkan 14.000-an tenaga kesehatan di Sleman untuk divaksin ke Kementerian Kesehatan, selanjutnya kementerian yang akan melakukan validasi, jadi jumlah pastinya belum bisa kami pastikan,” ucapnya.

Ia menyebutkan pelaksanaan vaksinasi dilakukan di 52 fasilitas kesehatan, terdiri dari 25 puskesmas, 24 rumah sakit, dan tiga klinik milik Kodim, Polres, dan KKP di Sleman.

Baca Juga: Selain Raffi Ahmad, BCL dan Dokter Tirta Juga Masuk Vaksinasi Pertama Covid-19




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x