Kompas TV olahraga sports

Pegulat India Didiskualifikasi dari Final Olimpiade 2024 karena Kelebihan Berat Badan 100 Gram

Kompas.tv - 9 Agustus 2024, 06:35 WIB
pegulat-india-didiskualifikasi-dari-final-olimpiade-2024-karena-kelebihan-berat-badan-100-gram
Pegulat India, Vinesh Phogat, usai mengalahkan wakil Kuba, Yusneylis Guzman Lopez, di babak semifinal gulat gaya bebas putri kelas 50 kg Olimpiade Paris 2024 di Champ-de-Mars Arena, Paris, Prancis, Selasa (6/8/2024). (Sumber: Eugene Hoshiko/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

PARIS, KOMPAS.TV - Pegulat putri India, Vinesh Phogat, didiskualifikasi dari babak final gulat gaya bebas kelas 50 kilogram Olimpiade Paris 2024, Rabu (7/8/2024). Phogat pun mengumumkan pensiun pada Kamis (8/8) usai didiskualifikasi.

"Keberanian saya dipatahkan, saya tidak lagi memiliki kekuatan. Selamat tinggal, gulat, 2001-2024," demikian pernyataan Phogat, dikutip Associated Press.

Phogat sebelumnya menarik perhatian usai mengalahkan juara bertahan Olimpiade, Yui Susaki dari Jepang. Susaki juga merupakan pemenang empat kali Kejuaraan Dunia Gulat.

Baca Juga: Hasil Olimpiade Paris 2024: Veddriq Leonardo Sabet Medali Emas Panjat Tebing!

Di babak perempat final, Phogat kemudian mengalahkan wakil Ukraina, Oksana Livach, 7-5. Peguat berusia 29 tahun itu kemudian mengalahkan Yusneylis Guzman Lopez dari Kuba dengan skor 5-0.

Akan tetapi, pada Rabu (8/8) pagi waktu Paris, organisasi induk olahraga gulat, Uni Gulat Dunia (UWW), mengumumkan Phogat didiskualifikasi.

Padahal, final gulat gaya bebas kelas 50 kg sedianya akan dilangsungkan pada Rabu (8/8) malam waktu setempat.

Kontingen Olimpiade India melaporkan UWW mendiskualifikasi Phogat karena kelebihan berat badan sejumlah 100 gram.

Phogat kemudian digantikan lawannya yang dikalahkan di semifinal, Guzman Lopez. Atlet Kuba tersebut kalah dari wakil Amerika Serikat (AS), Sarah Hildebrandt, dengan skor 3-0.

Sejumlah pihak menyayangkan didiskualifikasinya Vinesh Phogat dari ajang Olimpiade.

Sejumlah pegulat, termasuk peraih medali emas, Hildebrandt, menyerukan agar semakin banyak kelas yang ditambah sehingga atlet tidak perlu mengurangi atau menambah berat badan untuk memenuhi kualifikasi.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Ini Kata Desak Made usai Kalah karena Selisih Waktu 0,006 Detik


 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x