Kompas TV olahraga sports

Sungai Seine Kotor, Ajang Pra-Balap Renang Triatlon Olimpiade 2024 Dibatalkan

Kompas.tv - 28 Juli 2024, 18:37 WIB
sungai-seine-kotor-ajang-pra-balap-renang-triatlon-olimpiade-2024-dibatalkan
Atlet triatlon melompat ke Sungai Seine dari jembatan saat ajang uji coba triatlon putri untuk Olimpiade Paris 2024, 17 Agustus 2023. (Sumber: Michel Euler/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

PARIS, KOMPAS.TV - Ajang pra-balap cabang olahraga (cabor) triatlon Olimpiade 2024 di Sungai Seine dibatalkan penyelenggara pada Minggu (28/7/2024). Tindakan ini ditempuh karena kualitas air di Sungai Seine disebut masih buruk atau kotor.

Pembatalan pra-balap triatlon dilakukan penyelenggara usai pertemuan dengan lembaga yang ditugasi memantau menguji kualitas Sungai Seine. Lembaga tersebut termasuk Triatlon dunia dan otoritas kesehatan kota Paris.

Sebelumnya, berbagai upaya telah dilakukan untuk memastikan Sungai Seine cukup bersih sebagai arena Olimpiade 2024. Aktivitas berenang di Seine telah dilarang selama lebih dari satu abad karena airnya yang kotor.

Baca Juga: Prabowo Bertemu Presiden IOC Thomas Bach, Akankah Olimpiade IKN 2036 Terwujud?

Penyelenggara Olimpiade Paris 2024 dilaporkan telah menggelontorkan 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp24,7 triliun untuk membersihkan Sungai Seine. Upaya pembersihan ini telah dilakukan sejak setidaknya tahun 2015.

Pihak terkait dilaporkan telah merenovasi infrastruktur selokan, meningkatkan fasilitas pengelolaan air limbah, serta membangun waduk besar untuk membersihkan Sungai Seine.

Jelang Olimpiade 2024, otoritas Prancis pun berupaya meyakinkan publik bahwa Sungai Seine aman digunakan untuk Olimpiade. Dua pekan lalu, Wali Kota Paris Anne Hidalgo menyelam di Seine untuk membuktikan kebersihan sungai tersebut.

Akan tetapi, pengujian kualitas air di kemudian hari menyatakan bahwa sungai itu masih belum layak untuk digunakan beraktivitas. Pada Juni lalu, uji kualitas air yang dilakukan pihak terkait menunjukkan air Sungai Seine mengandung bakteri E. coli dalam tingkatan yang tidak aman.

Isu kebersihan Sungai Seine diperparah dengan hujan lebat yang mengguyur saat upacara pembukaan pada Sabtu (27/7) lalu. Banyak kalangan yang mempertanyakan apakah sungai tersebut aman untuk dijadikan arena cabor Olimpiade 2024.

Atlet triatlon yang telah berada di Paris berharap Sungai Seine cukup bersih untuk menjadi arena pertandingan. Atlet triatlon dari Spanyol, Alberto Gonzalez mengaku berharap babak renang untuk triatlon tetap akan dipertahankan di Olimpiade 2024.

"Semoga kami bisa berenang, bersepeda, dan berlari karena saya tidak berenang sesering ini hanya untuk berlari dan bersepeda," kata Gonzalez dikutip Associated Press.

Baca Juga: Hasil Bulu Tangkis Olimpiade Paris 2024: Jonatan Christie Raih Kemenangan Perdana


 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x