Kompas TV olahraga sepak bola

Shin Tae-yong Lebih Pilih Timnas Indonesia Lawan Korea Selatan di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kompas.tv - 14 Juni 2024, 20:53 WIB
shin-tae-yong-lebih-pilih-timnas-indonesia-lawan-korea-selatan-di-kualifikasi-piala-dunia-2026
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, lebih memilih skuadnya bertemu Korea Selatan daripada Jepang atau Iran di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Seperti yang diketahui, Indonesia berhasil lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia setelah menjadi runner-up Grup F.

Timnas Indonesia pun menjadi menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang bisa melangkah ke babak 18 besar kualifikasi untuk memperebutkan tiket Piala Dunia 2026.

Ini menjadi capaian membanggakan ketiga bagi sepak bola Indonesia tahun ini.

Sebelumnya Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak gugur Piala Asia 2023 pada Januari lalu. Kemudian Timnas U23 Indonesia mencapai semifinal Piala Asia U23 pada Mei lalu.

Setelah berjuang bersama skuad Garuda, Shin Tae-yong saat ini diketahui kembali ke Korea Selatan untuk beristirahat.

Menurut laporan Yonhap News, STY telah tiba di Bandara Incheon pada Jumat (14/6/2024).

Ia nantinya dijadwalkan menghadiri undian grup babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Kuala Lumpur, Malaysia pada 27 Juni.

Baca Juga: Usai Laga Kontra Filipina, Shin Tae-yong Belum Puas dengan Lini Depan Timnas Indonesia

Saat dihubungi Yonhap, Shin Tae-yong mengaku sangat senang karena berhasil membawa Indonesia menulis sejarah.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu juga terharu dengan dukungan yang didapatkannya oleh suporter Timnas Indonesia.

"Saya sangat senang karena melalui pertandingan terakhir babak kedua, kami berhasil menulis sejarah baru bagi sepak bola Indonesia," ungkapnya.

"Sekitar 80 ribu penonton di stadion sangat bahagia dan mereka meneriakkan nama saya, yang membuat saya merasa sangat terharu."

Mengenai kekuatan sepak bola Indonesia yang semakin meningkat, Shin Tae-yong menyebut hubungan erat yang terjalin dengan para pemain selama empat tahun bersama menjadi salah satu faktor utama.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x