Kompas TV olahraga sepak bola

PSSI Gelar Kongres Biasa Hari Ini, Ada Agenda Laporan Pembangunan Pusat Latihan Timnas di IKN

Kompas.tv - 10 Juni 2024, 10:00 WIB
pssi-gelar-kongres-biasa-hari-ini-ada-agenda-laporan-pembangunan-pusat-latihan-timnas-di-ikn

Sejumlah peserta melakukan proses pendaftaran diri delegasi yang mempunyai Hak Suara dalam Kongres Biasa PSSI di ballroom Hotel Shangrila, Jakarta, Minggu (9/6/2024). Hari ini, Senin (10/6), PSSI menggelar Kongres Biasa. (Sumber: Kompas.tv/Media PSSI)

Penulis : Rizky Ade Saputro | Editor : Gading Persada

JAKARTA,KOMPAS.TV - Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) akan menggelar Kongres Biasa 2024 pada hari ini di Hotel Shangrila, Jakarta, Senin (10/6/2024). Kongres rencananya akan dimulai pada pukul 13.00 WIB siang nanti.

Kongres Biasa PSSI 2024 direncanakan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, perwakilan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI), dan undangan lainnya.

Diikuti oleh 87 peserta delegasi yang mempunyai hak suara dan 5 peninjau. Para delegasi sudah mendaftarkan diri sejak Minggu (9/6) kemarin.

Baca Juga: Presiden FIFA Hadir, Erick Thohir: Saya Akan Sampaikan ke FIFA Saat Kongres| ROSI

"Selamat datang serta apresiasi dari kami kepada peserta Kongres Biasa PSSI 2024. Kami berharap kongres besok akan berjalan dengan aman, sukses dan lancar, serta bisa menghasilkan keputusan yang baik untuk kemajuan sepak bola Indonesia," kata anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, dikutip laman resmi PSSI.

Adapun agenda yang akan di bahas dalam Kongres Biasa PSSI ini adalah laporan seluruh kegiatan tahun 2023 dan program PSSI tahun 2024.

Selain itu, tidak lupa juga agenda penyampaian laporan pembangunan pusat latihan Timnas Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara karena menggunakan anggaran dana FIFA Forward.

Pembangunan pemusatan latihan itu didanai sepenuhnya Program FIFA Forward Development senilai 5,4 juta Dollar Amerika Serikat (sekitar Rp 87,91 miliar).

Pendanaan dari FIFA memungkinkan untuk terbangunnya dua lapangan ukuran standar internasional dengan sistem lampu sorot, asrama pemain dua lantai yang bisa menampung 150 orang, dan ruang ganti tim.

Sedangkan dana dari pemerintah Indonesia memungkinkan pembangunan dua asrama tambahan, lapangan multi-olahraga dan landscape area.

Total ada delapan lapangan yang akan diselesaikan ditambah dengan kolam renang, area khusus pelatihan fisik, dan stadion mini berkapasitas 600 orang. Proyek tersebut saat ini telah mencapai 90 persen dan dijadwalkan rampung pada bulan Juli. 

Baca Juga: Ketum PSSI Ungkap Alasan Naturalisasi Calvin Verdonk: Agar Kekuatan Timnas Indonesia Merata

Erick Thohir berterima masih kepada Ketua FIFA Gianni Infantino atas bantuan FIFA dalam pembangunan pertama dari NTC (Pusat Pelatihan Nasional) di IKN.

"Kami sangat menghargai dukungan dan kemitraan Anda yang berkelanjutan dalam upaya ini. Kontribusi Anda telah berperan penting dalam kesuksesan proyek ini dan kami berharap dapat merayakan tonggak sejarah ini bersama Anda," kata Erick, dalam suratnya kepada Infantino yang dilansir di laman resmi FIFA.

Lebih lanjut, Erick mengatakan dukungan FIFA Forward tersebut sangat penting dalam mengkatalisasi pendanaan tambahan untuk pembangunan NTC. Sebab, dengan dukungan FIFA, pemerintah Indonesia terdorong menyediakan dana tambahan sekitar 10 juta dolar AS (setara Rp163 miliar).


 



Sumber : Kompas TV, Media PSSI



BERITA LAINNYA



Close Ads x