Kompas TV olahraga sepak bola

Jepang Pertahankan Hajime Moriyasu hingga Piala Dunia 2026

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 23:00 WIB
jepang-pertahankan-hajime-moriyasu-hingga-piala-dunia-2026
Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu mengenang tragedi Doha saat timnya mengalahkan Spanyol 2-1 pada laga Grup E Piala Dunia 2022, Kamis (1/12/2022) waktu setempat. (Sumber: AP Photo/Aijaz Rahi)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

TOKYO, KOMPAS.TV - Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) mengumumkan tetap mempertahankan Hajime Moriyasu sebagai pelatih kepala Samurai Biru. 

Dalam pengumumannya, Rabu (28/12/2022), JFA mengatakan, mereka telah sepakat untuk mengontrak Moriyasu hingga Piala Dunia 2026.

"Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) telah setuju untuk mengontrak Hajime Moriyasu sebagai manajer SAMURAI BLUE (Tim Nasional Jepang), yang mengincar Piala Dunia FIFA 2026," bunyi pernyataan resmi JFA. 

Dilansir dari ESPN, Moriyasu menjadi pelatih pertama Jepang yang dipertahankan setelah memimpin tim di ajang Piala Dunia. 

Keputusan JFA untuk mempertahankan pelatih kelahiran Nagasaki itu tentu tak lepas dari apik performa apik Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar. 

Jepang yang tergabung di Grup E bersama dua raksasa Eropa, Spanyol dan Jerman, diprediksi tak bisa berbuat banyak. Namun, Daizen Maeda dkk justru mampu tampil mengejutkan di Qatar. 

Di laga pertama penyisihan grup, Jepang secara luar biasa mengalahkan Jerman dengan skor 2-1 setelah sempat tertinggal lebih dulu. 

Baca Juga: Ranking FIFA Terbaru usai Piala Dunia 2022: Maroko Meroket, Jepang 20 Besar, Argentina Gusur Belgia

Namun di laga kedua, keraguan muncul saat Jepang dikalahkan Kosta Rika dengan skor 1-0. Harapan lolos ke 16 besar pun menipis karena mereka bakal menghadapi Spanyol di laga terakhir. 

Tapi lagi-lagi, Jepang berhasil membalikkan prediksi dengan mengalahkan Spanyol 2-1.

Kemenangan itu membuat Jepang keluar sebagai juara Grup E, sekaligus menyingkirkan Jerman. 

Sayangnya di babak 16 besar, dongeng Jepang harus terhenti usai kalah dari Kroasia. 

Imbang 1-1 hingga 90 menit waktu normal plus 30 menit waktu tambahan, pemenang laga harus ditentukan melalui babak adu penalti. 

Dalam babak tos-tosan itu, Jepang akhirnya harus mengungguli Kroasia berkat penampilan gemilang Dominik Livakovic. 

Meski akhirnya kembali tersingkir di 16 besar Piala Dunia, kiprah Jepang selama di Qatar mendapatkan banyak pujian. 

Dengan mempertahankan Hajime Moriyasu sebagai pelatih kepala, mereka bertekad kembali meraih prestasi sama atau bahkan lebih pada Piala Dunia 2026 yang bakal dilangsungkan di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.  

Baca Juga: Ranking FIFA Terbaru: meski Juara Piala Dunia 2022, Argentina Belum Bisa Geser Brasil di Puncak

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Opini

Anima Mundi

8 Juli 2024, 23:00 WIB

Close Ads x