Kompas TV nasional berita kompas tv

Ribut-Ribut Formula E di Jakarta: Lanjut di Monas?

Kompas.tv - 17 Februari 2020, 19:26 WIB
ribut-ribut-formula-e-di-jakarta-lanjut-di-monas
Laga balap Formula E di Mexico City 2020. (Sumber: TWITTER/@JaguarRacing)
Penulis : Christandi Dimas

JAKARTA, KOMPAS.TV - Geger Formula E di Jakarta belum juga tuntas. Padahal, 4 bulan lagi rencananya balapan itu akan dimulai.

Tarik ulur izin lokasi serta denah lintasan, diperkeruh juga dengan kesalahan tulis dalam surat rekomendasi oleh Pemprov DKI Jakarta.

Sekitar 4 bulan lagi, balapan Formula E akan digelar di Jakarta. Tetapi, perdebatan soal perizinan balapan ini masih belum menemui titik akhir.

Setelah rute pertandingan yang melalui wilayah Monas sempat ditolak, lalu disetujui oleh Kemensetneg.

Baca Juga: Anies Yakin Formula E akan Bisa Digelar di Jakarta

Sementara itu, Tim Ahli Cagar Budaya Jakarta melayangkan protes karena dalam surat rekomendasi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Menteri Sekretariat Negara.

Pada surat tersebut tertuang pernyataan adanya rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya DKI Jakarta tentang penyelenggaraan Formula E.

Dalam surat rekomendasi tersebut juga telah dibubuhi tanda tangan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Baca Juga: Pemprov DKI Anggap Dapat "Lampu Hijau" Soal Formula E di Monas

Mencium dugaan maladministrasi dalam izin penyelenggaraan Formula E di Monas, Ketua DPRD DKI Jakarta kembali melaporkan Anies Baswedan ke Kementerian Sekretariat Negara.

Anies Baswedan dinilai melakukan pembohongan publik terkait klaim telah mendapatkan rekomendasi perihal tindak lanjut persetujuan komisi pengarah atas perhelatan Formula E di Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta berdalih ada kesalahan penulisan surat rekomendasi Formula E yang dikirimkan kepada Menteri Sekretariat Negara Pratikno.

Pemprov DKI Jakarta telah menganggarkan dana sekitar Rp 1.16 triliun untuk ajang Formula E. Desain sirkuit Monas pun telah rampung dikerjakan dengan panjang lintasan hingga 2.6 kilometer.

Garis start berada di sisi selatan Monas atau Jalan Pelataran Merdeka. Usai melintasi kawasan Patung Arjuna Wijaya atau Patung Kuda para pembalap kembali masuk ke Monas lewat pintu barat daya dan kembali ke sisi selatan Monas.

Baca Juga: Ada Pembohongan Publik Soal Formula E?

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x