Kompas TV nasional peristiwa

580 Anggota DPR Dilantik, Charta Politika: Harapan Harus Tetap Ada Walaupun Dikecewakan Berkali-kali

Kompas.tv - 1 Oktober 2024, 13:27 WIB
580-anggota-dpr-dilantik-charta-politika-harapan-harus-tetap-ada-walaupun-dikecewakan-berkali-kali
Sebanyak 580 Anggota DPR Periode 2024-2029 resmi dilantik pada Rapat Paripurna perdana di Gedung DPR RI, 1 Oktober 2024. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya berharap kinerja DPR Periode 2024-2029 lebih baik dari periode sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Yunarto Wijaya dalam laporan Khusus Pelantikan Anggota DPR RI Periode 2024-2029 di Kompas TV, Selasa (1/10/2024).

“Harapan itu harus tetap ada walaupun kemudian dikecewakan berkali-kali ya,” ucap Yunarto.

Baca Juga: Puan soal Pertemuan Megawati dengan Prabowo: Secepatnya, Beliau Berdua Sangat Berkeinginan

Yunarto menyampaikan, pelantikan Anggota DPR periode ini merupakan yang keenam kalinya pasca reformasi. Harusnya, kata Yunarto, fungsi pengawasan DPR lebih baik jika dibandingkan dengan DPR periode orde baru.

“Tapi kan kita tahu sampai sekarang kalau kita misalnya berbasiskan survei,  kita bicara angka kepuasan publik atau kepercayaan publik terhadap semua lembaga negara, DPR itu masih menempati posisi paling buncit,” kata Yunarto.

“Dan itu yang menyebabkan saya tidak kagetlah. Pilihan Kompas itu sangat tepat dalam headlinenya, dengan mengatakan tantangan lama DPR baru, artinya kan kritik selama ini kan terhadap DPR dalam setiap periodenya masih sama,” tambahnya.

Baca Juga: 580 Anggota DPR Baru Hadapi Rapot Merah, Formappi: Buntut Kinerja DPR 2019-2024 Buruk

Sebelumnya, 580 Anggota DPR Periode 2024-2029 resmi dilantik pada Rapat Paripurna perdana di Gedung DPR RI, 1 Oktober 2024. Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPR RI sementara dari perwakilan anggota yang paling tua Guntur Sasona dan yang termuda Annisa Mahesa.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x