Kompas TV nasional hukum

Minta Klarifikasi Bobby terkait Penggunaan Jet Pribadi, KPK: Karena Penyelenggara Negara

Kompas.tv - 6 September 2024, 10:57 WIB
minta-klarifikasi-bobby-terkait-penggunaan-jet-pribadi-kpk-karena-penyelenggara-negara
Wali Kota Medan Bobby Nasution (tengah) menanti penghargaan UHC Award 2024 dari BPJS Kesehatan di Jakarta, Kamis (8/8/2024). (Sumber: Diskominfo Kota Medan via ANTARA)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan meminta klarifikasi kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution tentang  penggunaan jet pribadi.

Penjelasan mengenai hal itu disampaikan oleh Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan saat dihubungi Kompas.com, Jumat (6/9/2024).

Menurutnya, KPK tengah  mengkaji keaslian foto Bobby Nasution yang hendak naik ke pesawat jet pribadi yang ramai di media sosial.

Baca Juga: Respons Bobby Nasution dan Partai Golkar soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang Pangarep

"Sedang memastikan fotonya apakah orisinil lalu akan kirim surat permintaan klarifikasi," kata Pahala.

Ia menambahkan, pemanggilan Bobby untuk melakukan klarifikasi mengenai asal usul uang penggunaan jet pribadi. Bobby perlu mengklarifikasi karena dirinya merupakan penyelenggara negara.

"Iya karena Penyelenggara Negara (PN), justru ingin diklarifikasi apakah fasilitas itu biaya pribadi atau pemberian," tambahnya.

Sebelumnya, beredar foto  yang menunjukkan Wali Kota Medan, Bobby Nasution dengan jet pribadi bersama istrinya, Kahiyang Ayu, viral di media sosial.

Dilihat dari akun X @murtadhaOne1, ada tiga foto yang beredar. Dua di antaranya menampilkan Bobby hendak naik jet pribadi, sedangkan satu foto lainnya menunjukkan Bobby meninggalkan lokasi.

Narasi pada foto tersebut mengatakan bahwa pesawat tersebut berada di eks Bandara Polonia Medan, yang kini berganti nama menjadi Lanud Soewondo.

Foto tersebut diklaim diambil sekitar 18-20 Februari 2023. Disebutkan juga bahwa jet pribadi yang dinaiki Bobby dan Kahiyang dimiliki oleh seorang konglomerat di Medan.

Baca Juga: KPK Sebut Kaesang Ternyata Tidak Wajib Laporkan Penerimaan Gratifikasi

Bobby telah menanggapi foto yang beredar itu. Ia membenarkan bahwa dirinya pernah naik jet pribadi.

Namun, dia tidak secara gamblang menjelaskan apakah jet yang dimaksud adalah yang muncul dalam foto.

"Semua kita (pernah) naik pesawat," ujar Bobby saat ditanya wartawan usai mengikuti rapat paripurna di DPRD Kota Medan, Selasa (3/9/2024).

Ia juga mempersilakan siapa pun untuk memeriksa asal-usul uang yang digunakan terkait jet pribadi tersebut.

"Coba lihat tanggalnya berapa? Punya siapa pesawatnya? Pakai dana siapa? Kalaupun itu kita punya sendiri, walaupun itu sewa, uang dari mana? Silakan dicek," ujarnya.

Bobby memastikan, meski pernah naik jet pribadi, uang yang digunakan tidak berasal dari APBD ataupun hasil korupsi.


 




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x