Kompas TV nasional humaniora

Paus Fransiskus Diperkirakan Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Siang Ini, Disambut Menag

Kompas.tv - 3 September 2024, 08:10 WIB
paus-fransiskus-diperkirakan-tiba-di-bandara-soekarno-hatta-siang-ini-disambut-menag
Paus Fransiskus pergi usai pertemuan dengan anggota komunitas Neocatechumenal Way, di aula Paus Paulus VI di Vatikan, Senin, 27 Juni 2022. (Sumber: AP via Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan apostolik ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Menurut sumber yang dihimpun Kompas.tv, Paus Fransiskus diperkirakan akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 11.30 WIB siang ini.

Dilansir dari Kompas.com, ada sejumlah pejabat negara yang akan menyambut kedatangan Paus siang nanti, yakni Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Gandi Sulistiyanto dan Duta Besar Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan Michael Trias Kuncahyono.

Selain itu, akan hadir pula Uskup Agung Jakarta Kardinal Suharyo, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Antonius Subianto Bunyamin, Duta Besar Takhta Suci Vatikan untuk Indonesia Uskup Piero Pioppo, Sekretaris Kedutaan Takhta Suci Vatikan Pastur Michael Andrew Pawlowicsz dan Ketua Panitia Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia Ignatius Jonan juga akan menyambut Bapa Suci.

Nantinya, saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Paus Fransiskus juga akan disambut oleh dua orang anak yang memberikan hand bouquet atau rangkaian bunga. Keduanya yakni Mary Lourdes Wicaksono Atmojo yang berusia 6 tahun dan berasal dari Jakarta Pusat. Lalu ada Irfan Wael berusia 12 tahun dari Kabupaten Buru, Maluku.

Baca Juga: Rekayasa Lalu Lintas saat Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta, Mulai 4-5 September 2024

Berikut jadwal kunjungan Paus Fransikus.

3 September 2024

  • Pada pukul 11.30 WIB, Bapa Suci diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang

4 September 2024

  • Sekitar pukul 10.00 WIB, Paus akan melakukan kunjungan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, setelah itu bertemu dengan para pejabat pemerintahan, korps diplomatik, tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat sipil di Aula Istana Negara.
  • Sekitar pukul 11.30 WIB melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.
  • Pukul 16.30 WIB mantan Uskup Agung Buenos Aires itu dijadwalkan bertemu para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta.
  • Pada pukul 17.35 WIB, kaum muda dari Scholas Occurantes diberi kesempatan berjumpa Paus Fransiskus di Youth Center Graha Pemuda Senayan

5 September 2024

  • Sekitar pukul 09.00 WIB, Paus Fransiskus menghadiri interreligous meeting atau pertemuan dengan para tokoh antaragama di Masjid Istiqlal Jakarta disusul pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). 
  • Pukul 17.00 WIB, Paus akan mengadakan Misa Suci di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta yang bakal dihadiri puluhan ribu umat Katolik.

Baca Juga: Prospek Cuaca BMKG Sepekan, Mana Saja Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat 3-9 September 2024?

6 September 2024

  • Sekitar pukul 9.45 WIB, Paus Fransiskus bertolak dari Jakarta menuju Port Moresby, Papua Nugini melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x