Kompas TV nasional hukum

Saat Orang Terdekat Tidak Tahu Keberadaan Kaesang Usai Kontroversi Jet Pribadi

Kompas.tv - 3 September 2024, 08:07 WIB
saat-orang-terdekat-tidak-tahu-keberadaan-kaesang-usai-kontroversi-jet-pribadi
Foto ilustrasi. Spanduk Kaesang di Jalan Hang Tuah Raya yang menghalangi trotoar pejalan kaki pada Senin, 12 Agustus 2024. (Sumber: KOMPAS.com/RAMA PARAMAHAMSA)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keberadaan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang jugaKetua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) periode 2023-2028, masih dipertanyakan setelah kontroversi penggunaan jet pribadi.

Sebelumnya, Kaesang dan istrinya, Erina Gudono, tampak berada di Amerika Serikat (AS), seperti terungkap dari unggahan foto jendela pesawat di media sosial Erina.

Orang-orang dekat Kaesang bahkan mengaku tidak mengetahui keberadaannya. Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran Silfester Matutina mengaku belum bisa menghubungi Kaesang sejak kasus ini mengemuka.

"Saya belum bisa menghubungi Mas Kaesang," kata Silfester dikutip dari Tribunnews, Senin (2/9/2024).

Senada Wakil Dewan Pembina PSI dan Staf Khusus Presiden Jokowi Grace Natalie juga mengaku tidak tahu keberadaan Kaesang.

Sebagaimana dilaporkan Kompas.com, menghubungi elite PSI lainnya seperti Andy Budiman, Raja Juli Antoni, dan Isyana Bagoes Oka juga tidak membuahkan hasil.

"Enggak tahu," ujar Grace singkat.

Sebelumnya Silfester mengungkapkan bahwa jet pribadi yang digunakan oleh Kaesang dimiliki oleh Sea Group.

Dalam program 60' Special Report KompasTV, pada Selasa (2/9), Silfester menyebut pesawat Gulfstream G650ER tersebut kemungkinan terkait dengan bisnis yang dikelola oleh Kaesang.

"Pesawat Gulfstream G650ER ini dibeli atau oleh perusahaan start-up yang kemungkinan ada berhubungan dengan Mas Kaesang dalam pengelolaan bisnisnya," lanjutnya.

Adapun pengamat penerbangan Alvin Lie mengamati bahwa ada perubahan kepemilikan pesawat, yang awalnya tercatat atas nama Garena, bagian dari grup perusahaan Singapura, sebelum dialihkan ke Bank of Utah sebagai pemegang kuasa. Pesawat tersebut diketahui sering terlihat parkir di Solo.

"Asal mulanya tercatat Garena sebagai pemilik. Kemudian setelah itu diubah menjadi Bank of Utah, trustee, pemegang kuasanya," jelasnya.




Sumber : Kompas TV, Tribunnews, Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x