Kompas TV nasional peristiwa

Istana: Jokowi Ajak Pekerja IKN Ikut Upacara Detik-Detik Proklamasi

Kompas.tv - 8 Agustus 2024, 18:45 WIB
istana-jokowi-ajak-pekerja-ikn-ikut-upacara-detik-detik-proklamasi
Suasana pembangunan di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (27/7/2024). (Sumber: ANTARA/Andi Firdaus)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pekerja konstruksi di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk turut serta dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi pada Peringatan HUT ke-79 RI di IKN, Kalimantan Timur.

Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara IKN akan dipimpin Presiden Jokowi sebagai inspektur upacara, serta dihadiri calon presiden terpilih pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menyatakan masyarakat sekitar IKN, termasuk tokoh agama, tokoh adat, budayawan, dan rektor, juga diundang sebagai peserta upacara di IKN pada 17 Agustus 2024.

"Pesan Presiden sangat jelas untuk menghadirkan masyarakat di sekitar IKN, baik tokoh agama, adat, budaya, rektor, maupun pekerja yang ada di IKN, untuk dapat dihadirkan dan ikut dalam Peringatan Detik-Detik Proklamasi RI," kata Yusuf di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Yusuf menyebutkan jumlah total undangan peserta upacara di IKN mencapai 1.400 orang.

Baca Juga: Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Rental Mobil di Balikpapan Banjir Pesanan: Hampir 90 Persen ke IKN!

Istana juga telah mengirim undangan upacara di dua lokasi yakni IKN untuk mantan presiden RI dan Istana Merdeka Jakarta untuk mantan wakil presiden RI.

Undangan untuk anggota DPR/MPR, menteri, tokoh agama, adat, budaya, dan masyarakat juga dibagi antara IKN dan Jakarta.

"Untuk yang di IKN, undangan itu terdiri atas Presiden dan Ibu Negara, mantan presiden, pimpinan ketua lembaga negara, dan menteri," kata Yusuf, dikutip dari Antara.

"Panglima TNI, Kapolri, tokoh agama, budaya, adat, dan masyarakat sekitar semua akan kami hadirkan di Istana Negara IKN."

Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni mengatakan masyarakat umum tidak dapat masuk ke Istana Negara yang menjadi venue utama Upacara HUT ke-79 RI di IKN, namun kemeriahan tetap dapat dinikmati dari dekat. 

Masyarakat sekitar yang tidak mendapat undangan, bisa nonton bareng (nobar) lewat live streaming yang diadakan pihak Pemprov yang bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota.

Rencananya, live streaming akan digelar di Pentacity Kota Balikpapan dan Big Mall Kota Samarinda.

“Sama seperti di Jakarta, penduduk di sana tidak semua bisa masuk ke Istana Negara, tapi bisa menyaksikan secara langsung (live streaming). Nah, kita ajak masyarakat seperti itu,” ujar Sri Wahyuni, Selasa (6/8/2024).

“Jadi ini juga acara untuk siswa dan mahasiswa bentuk edukasi tentang IKN, soal progresnya, lalu ada kuis-kuis, setelah itu baru nonton bareng upacara,” ungkapnya, dikutip dari Tribunnews.com.

Baca Juga: Momen Menko Hadi Tunjukkan Kesiapan Lapangan Upacara IKN Jelang Perayaan HUT RI-79


 




Sumber : Antara, Tribunnews.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x