Kompas TV nasional politik

PKB Tepis Isu Koalisi Pendukung Anies di Jakarta Bubar: Ini Menuju Pengkristalan

Kompas.tv - 30 Juli 2024, 22:50 WIB
pkb-tepis-isu-koalisi-pendukung-anies-di-jakarta-bubar-ini-menuju-pengkristalan
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid di gedung DPR, Jakarta, Selasa (30/7/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menepis isu koalisi pendukung Anies Baswedan di PIlkada DKI Jakarta 2024 bubar. Kata Jazilul, koalisi pendukung Anies di pilkada justru sedang menempuh pengkristalan.

Jazilul menyebut Anies akan didukung PKB, PKS, dan NasDem di Pilkada Jakarta 2024. Ketiga partai ini juga mendukun Anies Baswedan di Pilpres 2024 lalu.

Baca Juga: Anies Ungkap Sering Chat WhatsApp dengan Ahok: Komunikasi Terus sebagai Teman Saja

"Makanya dinamikanya kita tunggu lah sampai ada koalisi yang paten. Ini di DKI ini tidak ada satu koalisi pun yang paten. Pokoknya enggak ada yang paten saja," kata Jazilul di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (30/7/2024).

"Artinya ini menuju pengkristalan koalisi. Bahwa ada dukungan ke Pak Anies, iya. PKB, PKS, NasDem sudah (mendukung)."

Jazilul menegaskan peresmian koalisi baru akan terlihat jelang pendaftaran calon pada akhir Agustus mendatang. Menurutnya, PKB sudah hampir pasti mendukung Anies Baswedan di Jakarta usai direkomendasikan DPW.

"Di dalam politik biasa otak-atik itu. Makanya mendekati limit waktu, nanti akan lebih terlihat," kata Jazilul dikutip Kompas.com.

Sebelumnya, Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni menyebut pihaknya belum pasti mengusung Anies di Pilkada Jakarta 2024. Sahroni menyebut kepastian baru akan didapat setelah calon didaftarkan.

"Kuncian itu nanti setelah dia mendaftarkan. Nah, jadi you jangan kecele. Rekomendasi bisa saja dikasih, tapi tahu-tahu enggak didaftarin," kata Sahroni, Senin (29/7).

Anies Baswedan merupakan sosok dengan elektabilitas tertinggi di Jakarta jelang pilkada serentak 2024. Menurut survei Litbang Kompas pada pertengahan Juli lalu, elektabilitas Anies di Jakarta mencapai 29,8 persen.

Adapun tokoh dengan elektabilitas di bawah Anies di Jakarta adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (20 persen), Ridwan Kamil (8,5 persen), Erick Thohir (2,3 persen), Sri Mulyani (1,3 persen), dan Kaesang Pangarep (1 persen).

Baca Juga: Skenario Kerja Sama PDI-P dan PKB di Pikada 2024: Jakarta Usung Anies, Jawa Timur Cagub dari PDI-P


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x