Kompas TV nasional peristiwa

Pemulihan Sistem PDN, Kemenkominfo Sebut Sebagian Layanan Keimigrasian Mulai Berjalan

Kompas.tv - 22 Juni 2024, 16:28 WIB
pemulihan-sistem-pdn-kemenkominfo-sebut-sebagian-layanan-keimigrasian-mulai-berjalan
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan di Gedung Kominfo, Jakarta, Rabu (6/12/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebagian layanan keimigrasian mulai beroperasi kembali seiring langkah pemulihan gangguan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2.

Penjelasan itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan dalam keterangannya, Sabtu (22/6/2024).

"Langkah-langkah pemulihan terus dilakukan dengan perkembangan sebagai berikut. Pertama, sebagian layanan keimigrasian seperti paspor, visa, izin tinggal, dan perlintasan sudah mulai kembali beroperasi," ucapnya, dikutip Antara.

Baca Juga: Server Pusat Data Nasional Gangguan, Penumpang Menumpuk di Pemeriksaan Imigrasi Soetta

Menurut Semuel, layanan imigrasi melalui Autogate di Bandara Soekarno Hatta juga telah kembali beroperasi secara bertahap.

Sementara, untuk layanan Autogate di bandara lain masih dalam proses pemulihan.

Ia juga menjelaskan bahwa layanan kombinasi dengan verifikasi manual juga masih dilakukan agar proses keimigrasian dapat terus berjalan.

Semuel pun menyampaikan permintaan maaf dari Kementerian Kominfo atas gangguan yang dialami PDNS 2 sejak 20 Juni 2024 sehingga berdampak pada terhambatnya beberapa layanan publik.

Adapun salah satu layanan yang terganggu adalah Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (Layanan Ditjen Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM).

Pihaknya, lanjut dia, terus melakukan upaya-upaya pemulihan secepatnya, dengan tetap memperhatikan aspek kehati-hatian dan mengutamakan kepentingan publik ataupun pengguna layanan.

Baca Juga: Pusat Data Nasional Down, Karena Serangan Siber?

Upaya yang dilakukan tersebut juga dilakukan bersama dengan Badan Siber Sandi Nasional (BSSN), Kepolisian RI (Polri), dan kementerian/lembaga terkait secara intensif.

"Setiap perkembangan pemulihan PDNS 2 akan diinformasikan secara berkala," tambahnya.


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x