Kompas TV nasional hukum

Staf Hasto Lapor ke Komnas HAM soal Penyitaan HP oleh Penyidik KPK, Minta Kapolri Dipanggil

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 20:56 WIB
staf-hasto-lapor-ke-komnas-ham-soal-penyitaan-hp-oleh-penyidik-kpk-minta-kapolri-dipanggil
Staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi, melaporkan penyitaan handphone oleh penyidik KPK ke Komnas HAM, Rabu (12/6/2024). (Sumber: ANTARA/HO-Rio Feisal)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA. KOMPAS.TV - Staf Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi, beserta tim kuasa hukumnya menyambangi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Rabu (12/6/2024).

Kedatangan mereka ke Komnas HAM adalah untuk melaporkan penyitaan handphone (HP) oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ia mendampingi Hasto dalam pemeriksaan pada Senin (10/6).

Kuasa hukum Kusnadi, Petrus Selestinus, mengatakan laporan tersebut diterima langsung oleh Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro dan tim.

"Terima kasih kepada Ketua Komnas HAM dan timnya karena telah mendengarkan langsung pengaduan, dan permintaan perlindungan hukum oleh saudara Kusnadi, sebagai orang yang merasa menjadi korban tindakan sewenang-wenang penyidik KPK," kata Petrus di kantor Komnas HAM, Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan pihaknya akan mengajukan lima saksi guna mendukung laporan tersebut.

"Mereka ini adalah saksi yang melihat langsung bagaimana penyidik Rossa (penyidik KPK AKBP Rossa Purbo Bekti) memperlakukan Saudara Kusnadi secara sewenang-wenang, melanggar prosedur mengenai penggeledahan dan penyitaan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Petrus juga meminta Komnas HAM untuk memanggil Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Mengingat mayoritas penyidik KPK berasal dari institusi Polri, termasuk yang melakukan penyitaan tersebut, yakni AKBP Rossa Purbo Bekti.

"Kami minta Kapolri dipanggil, karena apa yang terjadi di KPK, karena mayoritas penyidik di sana adalah (berasal dari) Polri, maka apa pun yang terjadi di KPK, baik buruknya penyidikan, masih merupakan tanggung jawab Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit," tegasnya, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Tak Terima Tas dan HP-nya Disita, Hasto Laporkan Penyidik ke Dewas KPK



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x