Kompas TV nasional rumah pemilu

Wasekjen PDIP soal Pengusungan Anies di Pilkada Jakarta 2024: Keputusan di Ibu Megawati

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 15:24 WIB
wasekjen-pdip-soal-pengusungan-anies-di-pilkada-jakarta-2024-keputusan-di-ibu-megawati
Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Utut Adianto ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Sumber: Nicholas Ryan Aditya/Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PDI Perjuangan atau PDIP Utut Adianto mengatakan keputusan untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024 atau tidak, tergantung keputusan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri. 

"Kalau rekomendasi ya tentu wilayahnya ibu (Megawati). Ini keliatannya kan pertanyaan selalu jawabnya gitu, tetapi memang faktanya itu, kalau kita mau tempur pilkada itu kan desainnya menang," kata Utut di gedung DPR, Jakarta, Rabu (12/6/2024). 

Dia menyebut nasionalisme Anies tak perlu diragukan lagi. Oleh sebab itu, ada di internal partainya yang mengusulkan mantan gubernur Jakarta itu untuk kembali dicalonkan. 

Baca Juga: PDI-P Masih Pertimbangkan Usung Anies di Pilkada Jakarta, Utut: Merepotkan Ideologi Kami Tidak?

"Sudah pernah jadi gubernur, sudah jadi capres, pasti beliau orang yang sangat merah putihnya, enggak diragukan," ujarnya. 

Meski begitu, kata dia, keputusan soal pengusungan Anies masih dipertimbangkan. 

"Kalau orang seperti saya setiap pilkada itu kan tujuannya untuk menang nanti ditimbang-timbang Pak Anies itu seperti apa elektabilitasnya," kata Utut. 

Sebelumnya, Anies dikabarkan direkomendasikan oleh DPD PDIP Jakarta sebagai kandidat bakal calon gubernur Jakarta di Pilkada Jakarta 2024. 

Masuknya Anies dalam daftar rekomendasi DPD PDIP Jakarta diungkap Sekretaris DPD PDIP Jakarta Pantas Nainggolan. 

Baca Juga: DPD PDI-P Jakarta Tunggu Keputusan Pimpinan Pusat soal Anies Bakal Cagub Pilkada Jakarta 2024

Pantas menjelaskan, semua nama yang terjaring sebagai kandidat calon gubernur ataupun calon wakil gubernur Jakarta termasuk Anies, sudah disampaikan kepada DPP PDIP, sebelum Rakernas partai di Ancol, Jakarta Utara pada 24-26 Mei 2024.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x