Kompas TV nasional politik

PDIP Ingin Jalin Koalisi dengan PKB dan PPP di Pilkada Jawa Tengah, Dorong 2 Nama Ini

Kompas.tv - 6 Juni 2024, 19:40 WIB
pdip-ingin-jalin-koalisi-dengan-pkb-dan-ppp-di-pilkada-jawa-tengah-dorong-2-nama-ini
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto mengaku telah menugaskan kadernya untuk menjalin komunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Hasto menjelaskan, upaya partainya merajut komunikasi dengan kedua partai politik (parpol) itu dalam rangka mempersiapkan koalisi jelang Pilkada Jawa Tengah 2024.

Terlebih, PDIP memiliki historis dengan PPP, ketika Ganjar Pranowo berpasangan dengan Taj Yasin, yang merupakan politikus PPP. 

"Kami sudah menugaskan ada yang bertemu dengan Cak Imin Ketua Umum PKB. Kemudian, juga bertemu dengan PPP karena sebelumnya wakil Pak Ganjar itu, Gus Yasin itu juga dari PPP," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024).

Baca Juga: Kumpulkan Calon Kepala Daerah di Semarang, Cak Imin Dijadwalkan Beri Pengarahan Terkait Pilkada

Hasto mengatakan, hingga saat ini kadernya yang digadang-gadang bakal maju di Pilkada Jateng ialah mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek.

"Misalnya ada Mas Hendi, itu Wali Kota Semarang dua periode itu bagus. Kemudian ada Pak Jekek dari Wonogiri yang kepemimpinannya sangat mengakar, ya cukup banyak tokoh-tokoh yang kami miliki untuk kepala daerah," ujarnya.

Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP, kata Hasto, DPP sudah memberikan arahan mengenai prioritas partai untuk memenangkan gelaran Pilkada Serentak 2024.

"Dalam Rakernas sudah dibahas daerah-daerah yang di bawah 10 persen. Itu kalau ada kader yang maju kita dorong untuk kerja sama politik. Kemudian, antara 11 sampai 19 persen itu juga didorong untuk segera membangun kerja sama," ujar Hasto.

"Melihat PDIP ini memiliki militansi tinggi dan juga dipercaya rakyat menang pemilu 3 kali berturut-turut, maka dengan modal penambahan kursi yang ada di DPRD tingkat kabupaten/kota ini menjadi dasar dalam membangun kerja sama." 

Sebelumnya, Ketua Desk Pilkada PKB Abdul Halim Iskandar mengatakan pihaknya akan mengupayakan Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf untuk maju sebagai bakal calon gubernur (cagub) di Pilkada Jawa Tengah 2024. 

Ia menjelaskan, alasan PKB mendorong Gus Yusuf lantaran dia memiliki basis massa yang besar di daerah tersebut. 

Baca Juga: Menteri Sosial, Tri Rismaharini Muncul di Bursa Pilgub Jawa Tengah! Apa Kata FX Rudy?

"Terkait Jawa Tengah, tentu kita punya kader yang sangat potensial, Gus Yusuf sebagai ketua DPW PKB Jawa Tengah, basisnya kuat banget. Ya tentu sebagai sebuah partai politik yang memiliki akses yang cukup kuat di masyarakat, ya tentu kita ingin agar Gus Yusuf bisa ramai di Pilgub Jawa Tengah dengan posisi gubernur, ini obsesi dan cita-cita utama kita," kata pria yang karib disapa Gus Halim itu di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2024).



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x