Kompas TV nasional politik

Kaesang: PSI Siap Berkoalisi dengan Partai Lain Buat Menangkan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Kompas.tv - 5 Juni 2024, 05:35 WIB
kaesang-psi-siap-berkoalisi-dengan-partai-lain-buat-menangkan-khofifah-emil-di-pilgub-jatim-2024
Bakal Cagub Jatim Khofifah dan Bakal Cawagub Jatim Emil Dardak saat ditemui di kantor DPP Perindo untuk menerima surat dukungan, Rabu (22/5/2024). (Sumber: KOMPAS TV/bONGGA WANGGA)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Solidaritas Indonesia atau PSI siap berkoalisi dengan partai mana pun untuk memenangkan pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pilkada Jawa Timur 2024. 

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mengatakan seluruh kader PSI telah sepakat untuk medukung pasangan Khofifah-Emil di Pilkada Jatim 2024. 

Untuk itu, PSI juga siap bekerja sama dengan partai lain yang juga akan mendukung Khofifah-Emil.

"Intinya saya akan ikut arahan Bu Khofifah dan Pak Emil, dengan partai siapapun (berkoalisi) siap," ujar Kaesang usai menyerahkan surat dukugan ke Khofifah-Emil di DPP PSI, Selasa (4/6/2024).

Lebih lanjut, Kaesang menjelaskan, alasan PSI mendukung duet Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024 tak lepas dari saran dari kader PSI di kabupaten, kota, dan provinsi.

Baca Juga: Saat Khofifah Indar Parawansa Dilaporkan ke KPK, Ali Fikri: akan Didalami

Selain itu, dukungan tersebut diharapkan dapat meningkatkan semangat kader PSI di Jatim. Sebab, Jatim merupakan daerah yang krusial bagi PSI. 

PSI juga telah menyiapkan kader terbaiknya untuk maju di pemilihan bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota di Surabaya, Malang, Madiun dan Gresik.

"Jatim adalah daerah krusial buat PSI, kader PSI yang maju di Pilkada nanti akan turut mendukung Khofifah-Emil sebagai Cagub dan Cawagub 2024," ujar Kaesang. 

Diketahui, dari 120 kursi DPRD Jatim hasil Pileg DPRD Jatim 2024 di 14 daerah pemilihan, PSI memperoleh satu kursi yang diduduki oleh Erick Komala. 

Caleg nomor urut 1 itu meraih suara 41.320 dari Dapil Jatim I Surabaya. Sedangkan total suara PSI di Pileg DPRD Jatim sebesar 551,051.

Baca Juga: Analisis Pakar Komunikasi Politik Soal Peluang Lawan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Sejauh ini, sudah ada lima partai yang memberi dukungan terhadap pasangan Khofifah-Emil maju di Pilgub Jatim 2024. Kelima partai tersebut yakni Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, Partai Perindo dan PSI.

Sedangkan Partai Gerindra resmi mendukung Khofifah, namun belum menyatakan dukungan terhadap paket Khofifah-Emil.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x