Kompas TV nasional politik

PDIP Mengaku Realistis di Pilkada Jawa Barat, Hanya Incar Kursi Cawagub

Kompas.tv - 29 Mei 2024, 19:05 WIB
pdip-mengaku-realistis-di-pilkada-jawa-barat-hanya-incar-kursi-cawagub
Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Barat, Ono Surono. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

MAJALENGKA, KOMPAS.TV – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih memetakan kader mereka yang akan dicalonkan sebagai calon wakil gubernur di pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat. PDIP mengincar kursi calon wakil gubernur untuk Pilkada Jabar.

Penjelasan itu disampaikan oleh Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono, di Majalengka, Jawa Barat, seperti dikutip dari Program Rumah Pemilu Kompas TV, Rabu (29/5/2024).

“Kita kan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari proses yang dilakukan oleh PDI Perjuangan, dari DPP partai saat ini sudah memetakan figur-figur kader PDI Perjuangan di Jawa barat yang nanti akan dicalonkan sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Barat,” ujarnya.

Baca Juga: Pilgub Resmi Dimulai, KPU Jawa Barat Gelar Acara Peluncuran Pilkada 2024!

Menurut Ono, untuk sementara pihaknya memang hanya mengincar posisi calon wakil gubernur. Sedangkan untuk posisi calon gubernur, ia menyebut sejumlah figur.

“Kalau kita di wakil gubernur. Sementara ya. Sementara di calon wakil gubernur.”

“Untuk calon gubernurya ada Kang Ridwan Kamil, ada Kang Dedi Mulyadi, kemudian ada juga Kang Bima Arya. Kader-kader PDI Perjuangan ya mungkin saya salah satunya,” ujarnya.

Sebelumnya, di Rakernas V PDIP Hari kedua, di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (25/5/2024), Ono mengaku pihaknya realistis hanya mengincar posisi cawagub.

Penyeabnya, kata Ono, PDIP memang belum pernah menang Pilkada Jawa Barat sejak era reformasi sampai 2018.

"PDI Perjuangan, kami tentunya sadar betul, sejak era reformasi sampai pilkada yang terakhir 2018, PDI Perjuangan tidak pernah memenangkan Pilkada Jawa Barat,” tuturnya, dikutip Wartakotalive.com.

“Kami sadar betul dan tentunya kami dengan sekarang ini peringkat keempat, tentunya kami sadar bahwa kami agaknya tidak mungkin untuk mengincar nomor satu, jadi kami PDI Perjuangan akan mengincar posisi dua, di posisi wakil gubernurnya," tutur Ono.

Sementara itu, Dedi Mulyadi mengaku optimistis hasil survei mengenai elektabiliasnya untuk Pilkada Jawa Barat akan semakin meningkat.

Pernyataan Dedi tersebut disampaikan seusai menerima ratusan warga dari kabupaten Bandung Barat yang mendatagi kediamannya di Lembur Pakuan, Subang, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, warga menyatakan dukungan mereka dan meminta Dedi maju di Pilgub Jawa Barat pada Pilkada Serentak 2024.

“Ini kan refleksi spontan warga hampir di berbagai tempat. Saya ucap terima kasih ya, barangkali mereka memiliki harapan agar ke depan itu jauh bisa menyempurnakan seluruh kekurangan yang terjadi saat ini di Provinsi Jawa Barat,” ungkapnya.

Baca Juga: Apa Persiapan Polda Jawa Barat Hadapi Praperadilan Pegi Setiawan dalam Kasus Pembunuhan Vina?

“Saya semakin optimis bahwa ke depan akan semakin meningkatkan ukuran, kita ini selalu survei ya, saya memiliki optimis tren surveinya akan terus naik.”



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x