Kompas TV nasional rumah pemilu

Saat Debat Cawapres, Gibran Klaim Bangun Sekolah Cyber Security di Solo untuk Cegah Pencurian Data

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 20:21 WIB
saat-debat-cawapres-gibran-klaim-bangun-sekolah-cyber-security-di-solo-untuk-cegah-pencurian-data
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat perdana Cawapres pada Jumat (22/12/2023) malam di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat perdana Cawapres pada Jumat (22/12/2023) malam di Jakarta Convention Center (JCC) mengklaim telah membangun sekolah keamanan siber (cyber security) di Solo, Jawa Tengah.

"Kita harus hati-hati, selain pinjol (pinjaman online) dan judi online, kita juga harus hati-hati untuk masalah pencurian data, untuk itu harus kita kuatkan cyber security dan cyber defense kita, itu sudah kita lakukan di Solo, di Solo Technopark ada sekolah cyber security," kata Gibran, dikutip dari tayangan Live Debat Cawapres di KompasTV.

Pria yang juga Walikota Sukartar ini pun ingin membuat regulasi yang cocok untuk e-commerce, sehingga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia tidak kalah dengan barang-barang luar negeri.

Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu pun menyebut perlunya penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang memiliki kemampuan digital.

"Kita ke depan harus melindungi UMKM, dan kita ingin, sekali lagi, ke depan yang kita siapkan harus ada penguatan SDM, penguatan manusia-manusia digitalnya, karena itu kita ingin anak-anak muda ikut andil dalam hilirisasi digital yang akan kita canangkan sebentar lagi," pungkas Gibran.

Baca Juga: Awali Debat Cawapres, Gibran Paparkan Visi-Misi: Singgung IKN hingga Hilirisasi Digital

Sebelumnya, saat memaparkan visi dan misi, Gibran mengatakan untuk menuju Indonesia emas, negara perlu menyiapkan generasi penerus yang diberi kemampuan yang dibutuhkan pada masa depan.

"Untuk menuju Indonesia Emas dibutuhkan generasi emas. Kita harus mampu mengubah future talents yang dilengkapi dengan future skills," terangnya.

"Untuk itu hilirisasi digital akan kami genjot. Kami akan siapkan anak-anak muda yang ahli artificial intelligence. Anak-anak muda yang ahli block chain, anak-anak muda yang ahli robotik, anak-anak muda ahli berbankan syariah, anak-anak muda yang ahli kripto," sambungnya.

Ia menekankan, visi-misi utama dirinya bersama calon presiden (Capres) Prabowo
Subianto adalah melanjutkan program kerja Presiden Jokowi.

"Narasi besarnya adalah keberlanjutan, percepatan, dan penyempurnaan," tegas Gibran.

Baca Juga: Gibran Dipastikan Sopan di Debat Cawapres, TKN Minta Mahfud dan Cak Imin Tak Menyerang

Sebagai informasi, debat Cawapres pada Pilpres 2024 ini bertema besar ekonomi. 
Beberapa hal yang akan dibahas di antaranya ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, pajak, tata kelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), investasi, perdagangan, infrastruktur, dan perkotaan.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x