Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU Evaluasi Debat Perdana Capres, Hari Ini Kumpulkan Timses Masing-Masing Paslon

Kompas.tv - 14 Desember 2023, 10:38 WIB
kpu-evaluasi-debat-perdana-capres-hari-ini-kumpulkan-timses-masing-masing-paslon
Ketua KPU RI Hasyim Asyari ketika diwawancara soal hasil evaluasi debat perdana calon presiden-wakil presiden di Denpasar, Rabu (13/12/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

DENPASAR, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengaku pihaknya akan mengumpulkan tim pemenangan masing-masing capres-cawapres untuk mengevaluasi jalannya debat capres perdana pada Selasa (12/12/2023).

Hasyim menyebut rapat evaluasi sedianya akan dilangsungkan pada hari ini, Kamis (14/12).

“Besok (hari ini-red) rencana KPU akan mengundang tim pasangan calon untuk mengevaluasi debat pertama, di mananya besok ya,” kata Hasyim saat memantau persiapan logistik pemilu di Denpasar, Bali, Rabu (13/12) malam waktu setempat.

Baca Juga: Imparsial: Anies dan Ganjar Lebih Progresif Ketimbang Prabowo untuk Sikapi Pelanggaran HAM di Papua

Hasyim mengaku menyadari berbagai tanggapan dan pertanyaan yang berkembang di masyarakat usai debat capres perdana. Namun, ia berkata tidak akan menyampaikan apa pun terkait debat capres hingga rapat evaluasi.

Beberapa hal yang diperbincangkan usai debat capres perdana adalah perihal cawapres pendamping yang dianggap mengompori pendukung yang hadir, konsep dan format debat, batas waktu, hingga konsekuensi bagi pendukung yang hadir langsung namun memantik kegaduhan.

Di lain sisi, Hasyim menanggapi tampilan debat capres yang tidak menyediakan meja-kursi sehingga kandidat harus berdiri. Menurutnya, tidak ada alasan khusus soal itu.

“Yang penting debat atau ada mejanya? Yang penting ada debatnya kan. Saya kira begitu saja, ada meja tidak ada meja ya sudah, nyatanya mereka bertiga happy, kuat berdiri lama. Itu untuk meyakinkan rakyat kita bahwa presiden kita kuat semua, sehat semua tahan berdiri,” kata Hasyim.

Rangkaian debat jelang Pilpres 2024 akan berlanjut pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024. Masing-masing cawapres dan capres akan tampil dua kali dalam debat yang tersisa.

Baca Juga: Pengamat: Penampilan Prabowo Saat Debat Capres Perdana Tak Seperti di Pilpres 2014 dan 2019


 




Sumber : Antara, Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x