Kompas TV nasional rumah pemilu

Airin Ditunjuk Pimpin TKD Prabowo-Gibran di Banten, Kang Emil di Jawa Barat

Kompas.tv - 17 November 2023, 23:45 WIB
airin-ditunjuk-pimpin-tkd-prabowo-gibran-di-banten-kang-emil-di-jawa-barat
Airin Rachmi Diany eks Wali Kota Tangerang Selatan terpilih menjadi Ketua PMI Kota Tangerang Selatan periode 2020-2025 (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mulai menunjuk ketua tim kampenye daerah (TKD) di Pulau Jawa. 

Sebanyak enam provinsi di Pulau Jawa, baru dua provinsi yang sudah ditetapkan ketua TKD. Yakni Provinsi Banten dan Jawa Barat. 

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menjelaskan TKD Prabowo-Gibran di Provinsi Banten akan dipimpin mantan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. 

Kemudian untuk TKD di Provinsi Jawa Barat dipimpin mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kedua pimpinan TKD tersebut merupakan kader Partai Golkar. 

Nusron menjelaskan alasan pihaknya menunjuk Airin sebagai ketua TKD di Banten untuk menarik dukungan dari pemilih perempuan. 

Baca Juga: Gerindra Klaim Khofifah Gabung TKN Prabowo-Gibran, Struktur Segera Difinalkan

Ia meyakini masyarakat Banten sudah mengenal Airin meski hanya menjabat di tingkat walikota yang ada di Provinsi Banten. 

"Saya yakin ini akan membawa dampak dan aura serta aroma kemenangan di Provinsi Banten. Apalagi beliau adalah sosok figur wanita, pasti akan menyedot pemilih-pemilih wanita yang ada di Provinsi Banten," ujar Nusron saat jumpa pers, Jumat (17/11/2023).

Lebih lanjut Nusron menjelaskan dipilihnya Ridwan Kamil untuk memimpin TKD Jabar tak lain untuk meningkatkan suara pemilih. 

Jabar diketahui menjadi lumbung suara bagi Prabowo. Dua kali maju di Pilpres, Jabar menjadi daerah yang paling banyak memilih Prabowo, baik saat berdampingan dengan Hatta Rajasa di Pilpres 2014 maupun ketika Prabowo berpasangan dengan Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Diharapkan Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil bisa meningkatkan suara Prabowo di Jabar, mengingat Kang Emil sudah dua kali menjadi kepala daerah di Jabar. Gubernur dan walikota Bandung. 

Baca Juga: Diperebutkan Tim Pemenangan, Ridwan Kamil-Khofifah Perhitungkan Timbal Balik untuk Pilkada?

"Kalau Pak Prabowo dan Mas Gibran menang telak di Jabar, kami yakin Pemilu akan dilaksanakan hanya dalam 1 putaran, dengan catatan menang telak di Jabar. Karena itu figur ketua TKD Jabar sangat urgent dan harus orang yang punya kapasitas dan kapabilitas besar," ujar Nusron.

Selain di Pulau Jawa, Nusron juga memperkenalkan TKD Prabowo-Gibran untuk Provinsi Sumatera Selatan. Tokoh yang dipilih untuk memimpin TKD Sumsel yakni mantan Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya.

Diharapkan Mawardi bisa menjaga aura kemenangan Prabowo-Gibran di Sumsel. Terlebih Sumsel menjadi provinsi dengan pemilih terbesar kedua setelah Sumatera Utara. 

"Sumsel, setelah menimbang dan mengingat yang jadi Ketua TKD di Sumsel, provinsi terbesar ke-2 setelah Sumut adalah Bapak Mawardi Yahya, Wagub (Sumsel) yang lalu untuk menjadi Ketua TKD," ujar Nusron. 


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x