Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Lantik Agus Subiyanto sebagai KSAD, Gantikan Dudung Abdurachman

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 09:50 WIB
jokowi-lantik-agus-subiyanto-sebagai-ksad-gantikan-dudung-abdurachman
Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Merdeka, Rabu (25/10/2023). (Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru di Istana Merdeka, Rabu (25/10/2023).

Sekretaris Militer Presiden Laksda Hersan membacakan Keputusan Presiden RI Nomor 89 TNI 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Agus Subiyanto dilantik menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang diberhentikan dari jabatannya sebagai KSAD karena telah memasuki masa pensiun pada 19 November 2023.

Selanjutnya, Jokowi membacakan sumpah untuk diikuti oleh Agus Subiyanto.

Baca Juga: Jokowi akan Lantik KSAD dan Mentan Baru di Istana, Ada Nama Agus Subiyanto dan Amran Sulaiman

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian sumpah yang dikatakan Agus, mengikuti Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit."

Sebelumnya, Jokowi juga telah melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian, menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang sebelumnya mengundurkan diri karena terjerat kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Sebelum Amran dilantik, jabatan Mentan dipimpin oleh pelaksana tugas (Plt) oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi sebagai Plt Mentan.

Baca Juga: Anwar Usman Resmi Lantik Jimly, Bintan, dan Wahiduddin Jadi Anggota Majelis Kehormatan MK

Sebelumnya, ada spekulasi Mentan akan dijabat oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Hal ini lantaran AHY mengunggah foto dirinya sedang berada di kebun Apel lewat akun Instagramnya. Dalam keterangan foto tersebut, dia berbicara soal pertanian.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Opini

Anima Mundi

8 Juli 2024, 23:00 WIB

Close Ads x