Kompas TV nasional hukum

Resmi Ditahan Kejagung, Ini Profil dan Harta Kekayaan Eks Dirjen Minerba ESDM Ridwan Djamaluddin

Kompas.tv - 10 Agustus 2023, 12:00 WIB
resmi-ditahan-kejagung-ini-profil-dan-harta-kekayaan-eks-dirjen-minerba-esdm-ridwan-djamaluddin
Foto arsip. Profil dan harta kekayaan mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin (Sumber: Kompas.com/ Kiki Safitri.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin resmi ditahan Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Rabu (9/8/2023) Kemarin.

Ia ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pertambangan ore nikel di Blok Mandiodo, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Lalu siapa Ridwan Djamaluddin?

Profil Ridwan Djamaluddin

Melansir dari laman Kementerian ESDM, Ridwan Dajamaluddin lulusan S1 Jurusan Geologi di Institut Teknologi (ITB) Bandung.

Ia juga merupakan lulusan S2 di University of Twente dengan jurusan ITC, dan S3 di Texas A&M University dengan jurusan Geografi.

Ridwan Djamaludin sempat berkarier sebagai Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada 2010-2015.

Pria 24 Maret 1963 silam ini juga pernah menjabat di Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur pada 2015-2020.

Lalu pada 2020, Ridwan menjabat Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi di Kemenko Marves.

Di tahun yang sama, ia bergabung dengan Kementerian ESDM sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian ESDM. 

Baca Juga: 2 Pejabat ESDM Tersangka Tambang Nikel Ilegal di Blok Mandiodo Sultra, Negara Rugi Rp 5,7 Triliun!



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Opini

Anima Mundi

8 Juli 2024, 23:00 WIB

Close Ads x