Kompas TV nasional politik

Jusuf Kalla Tak Setuju Golkar Gelar Munaslub untuk Turunkan Airlangga

Kompas.tv - 31 Juli 2023, 15:00 WIB
jusuf-kalla-tak-setuju-golkar-gelar-munaslub-untuk-turunkan-airlangga
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla memberikan keterangan pers setelah pertemuan di kediaman Jusuf Kalla di Jakarta, Kamis (4/5/2023). (Sumber: Kompas.com/Kristianto Purnomo)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla mengaku tak setuju dengan sejumlah pihak yang mengusulkan diselenggarakannya musyawarah nasional luar biasa atau munaslub Golkar untuk menurunkan Ketua Umum Airlangga Hartarto.

Menurut dia, munaslub malah akan menurunkan marwah partai berlambang pohon beringin itu di mata publik jelang Pemilu 2024. 

"Sangat tidak setuju karena itu akan lebih menurunkan marwahnya Golkar," kata Kalla di Gedung DPR, Jakarta, Senin (31/7/2023). 

Baca Juga: Seluruh Ketua DPD Golkar Bertemu Airlangga di Bali, Serukan Tolak Munaslub

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI itu menjelaskan, perpecahan di internal Partai Golkar dapat berimbas pada raihan suara di pesta demokrasi nanti.

"Bersatu saja belum tentu menang, apalagi tidak bersatu," katanya.

Ia menjelaskan, seluruh kader harus bersatu agar bisa memenangi Pemilu 2024 yang hanya tinggal kurang dari setahun.

"Bersatulah dalam situasi yang krisis ini artinya waktu yang lebih singkat, bagaimana bisa menang kalau pecah gitu kan? Ya, harus bersatu dulu."

"Kalau dengan alasan nasib Pak Airlangga nanti tidak terpilih, siapa sih yang bisa memastikan siapa yang terpilih?" ujar Jusuf Kalla.

Diketahui, internal Partai Golkar tengah dirundung desakan untuk menggelar munaslub. 

Namun, kini seluruh DPD I Partai Golkar menyatakan menolak penyelenggaraan munaslub setelah bertemu dengan Ketua Umum Airlangga Hartarto di Bali, Minggu (30/7/2023). 

"Kami ingin menegaskan kalau ada yang mengatakan isu munaslub diusulkan dua pertiga, kami nyatakan 100 persen kami di sini menolak munaslub," kata Plt Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Papua Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Minggu, seperti dikutip dari Antara

"Kami ingin fokus bekerja untuk memenangkan seluruh agenda politik 2024 bersama Bapak Airlangga Hartarto," ujarnya.

Baca Juga: Airlangga dan Puan Sepakat Bentuk Tim Teknis, PPP: Sinyal Golkar Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Ahmad Doli menjelaskan, pertemuan di Bali merupakan inisiatif para ketua DPD. 

"Pertemuan ini adalah inisiatif dari kami semua. Kami meminta untuk bertemu dengan Ketua Umum dan Ketua Umum menyiapkan waktunya di tengah-tengah kesibukan beliau (Airlangga, -red), dicari tempat yang mudah dijangkau teman-teman DPD se-Indonesia. Maka kami sepakat bertemu di Bali ini," ujarnya.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x