Kompas TV nasional peristiwa

Iduladha 2023, Wapres Ajak Masyarakat Mampu untuk Kurban: Semangat Solidaritas Bantu Sesama

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 10:28 WIB
iduladha-2023-wapres-ajak-masyarakat-mampu-untuk-kurban-semangat-solidaritas-bantu-sesama
Wapres Maruf Amin memberikan keterangan pers di Masjid Istiqlal, Kamis (29/6/2023). Ma'ruf Amin mengajak masyarakat yang mampu untuk menjalankan ibadah kurban di Hari Raya Iduladha 1444 H/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV/Isnaya)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengajak masyarakat yang mampu untuk menjalankan ibadah kurban di Hari Raya Iduladha 1444 H/2023.

Ajakan ini disampaikan Ma'ruf seusai melaksanakan salat Iduladha dan penyerahan sapi kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (29/6/2023) pagi. 

"Sesuai dengan pentingnya hari ini yang disebut dengan hari raya kurban. Saya mengajak semua masyarakat yang mampu punya kelebihan jangan sampai tidak berkurban," kata Wapres.

"Ini masih ada tiga hari lagi. Hari ini tambah tiga hari lagi, masih ada kesempatan untuk pada berkurban," ujar Ma'ruf Amin.

Menurut dia, berdasarkan mazhab syafi'i, pemberian hewan kurban itu memang tidak diwajibkan atau sunnah.

"Namun menurut mazhab hanafi adalah wajib. Jadi ada yang wajibkan paling tidak sangat dianjurkan, itu dari segi agama," jelasnya.

Sementara dari segi sosial, kata Wapres masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan. 

"Supaya di hari raya kurban ini jangan sampai mereka tidak merayakan dengan gembira, jadi mereka bisa memperoleh daging-daging kurban baik sapi maupun kambing," tegasnya.

Baca Juga: Dihadiri Wapres, Masjid Istiqlal Berkapasitas 250 Ribu, Dipenuhi Jemaah



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x