Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Pastikan Pemerintah Pusat Segera Bantu Perbaiki Ruas Jalan Rusak di Lampung

Kompas.tv - 5 Mei 2023, 23:34 WIB
jokowi-pastikan-pemerintah-pusat-segera-bantu-perbaiki-ruas-jalan-rusak-di-lampung
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat meninjau ruas jalan rusak di Lampung, Jumat (5/5/2023). (Sumber: Twitter @jokowi)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi memastikan pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera memperbaiki sejumlah ruas jalan yang rusak di Lampung. 

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam keterangannya kepada awak media usai meninjau sejumlah jalan yang rusak di Lampung, Jumat (5/5/2023).

“Semangatnya adalah kita ingin memperbaiki jalan-jalan yang kita lihat baru saja tadi, baik jalan kabupaten, baik jalan provinsi, baik jalan kota yang rusak parah,” kata Jokowi di Jalan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah, dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

Menurut Presiden, setiap ruas jalan memiliki penanggung jawabnya masing-masing, yaitu pemerintah pusat untuk jalan nasional, gubernur untuk jalan provinsi, dan bupati/wali kota untuk jalan kabupaten/kota. 

Akan tetapi, melihat kondisi jalan rusak yang sudah lama, Jokowi menuturkan bahwa pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan di Lampung.

“Tetapi ini karena memang sudah lama ya akan diambil alih oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Untuk memperbaiki infrastruktur jalan tersebut, Presiden mengungkapkan bahwa pada tahun ini pemerintah pusat akan secara khusus mengucurkan anggaran sebesar kurang lebih Rp800 miliar untuk Lampung. 

Biaya tersebut nantinya bakal digunakan untuk perbaikan 15 ruas jalan dan akan dimulai tahap pembangunannya pada bulan Juni setelah proses lelang dilakukan.

“Begitu saya lihat tadi, saya sudah perintahkan Pak Menteri PU untuk lelang, tapi juga nanti ada beberapa ruas yang menjadi tanggung jawabnya Pak Gubernur, ada yang tanggung jawabnya Bapak/Ibu Bupati yang ada di sini. Jangan semuanya pemerintah pusat,” terangnya.

Baca Juga: Jalan Rusak, Gubernur Lampung Minta Warganya Ketahui Kapasitas Tonase Jalan




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x