Kompas TV nasional peristiwa

Kesaksian Susi Berubah-ubah di Persidangan, Pakar Gestur Singgung soal Memori Episodik

Kompas.tv - 10 November 2022, 19:38 WIB
kesaksian-susi-berubah-ubah-di-persidangan-pakar-gestur-singgung-soal-memori-episodik
Pakar Gestur dan Mikro Ekspresi Monica Kumalasari memberikan analisanya terkait kesaksian Asisten Rumah Tangga (ART) Ferdy Sambo, Susi, yang berubah-ubah di persidangan kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV/Nadia)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar Gestur dan Mikro Ekspresi Monica Kumalasari memberikan analisanya terkait kesaksian Susi, Asisten Rumah Tangga (ART) Ferdy Sambo, yang berubah-ubah di persidangan kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. 

Monica lantas menyinggung terkait memori episodik, yakni memori jangka panjang yang melibatkan ingatan peristiwa, situasi, dan pengalaman tertentu.

Menurut dia, adanya unsur kedekatan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dengan ajudannya yang dinilai sesuatu yang biasa membuat Susi tidak menganggap peristiwa seperti Yosua dilarang membopong Putri sebagai hal yang begitu penting sehingga mudah dilupakan. 

"Melihat dari kedekatan PC (Putri Candrawathi) dengan para ajudan dan para ART nya maka proses untuk mengangkat (PC), proses untuk berada bersama para ajudan di ruang pribadi itu menjadi sesuatu yang biasa dan bukan sesuatu yang disebut dengan memori episodik," ujarnya dalam Kompas Petang, Kompas TV, Kamis (10/11/2022). 

"Jadi kalau kita lihat apakah ada perintah (Brigadir J) untuk naik ke atas, atau perintah untuk mengatakan sesuatu misalnya Kuat Maruf dan lain-lain itu mudah sekali untuk dilupakan (Susi)."

Sehingga, lanjut Monica statemen-statemen yang diucapkan Susi tidak bisa dijamin keakurasiannya.

"Kenapa ada perubahan? karena ada unsur memasukan informasi simantik yang bisa di create (ciptakan), itu yang membuat adanya perubahan-perubahan," jelasnya. 

Baca Juga: Keterangannya Berubah-ubah, Mengapa Kesaksian Susi Masih Penting Didengarkan di Sidang Ferdy Sambo?

Lebih lanjut, Monica juga menangkap satu gestur dimana mata Susi tampak bergerak seperti mencari-cari.Dia menyebutnya menyebutnya dengan istilah mental search.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x