Kompas TV nasional peristiwa

Besok, Jokowi Bakal Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Ende NTT

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 07:16 WIB
besok-jokowi-bakal-pimpin-upacara-peringatan-hari-lahir-pancasila-1-juni-di-ende-ntt
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kota Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu besok (1/5/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kota Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu besok (1/5/2022).

Hal ini disampaikan Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo yang akrab disapa Romo Benny. 

“Bapak Presiden Joko Widodo yang akan memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Upacara peringatan hari lahir Pancasila dipusatkan di Ende,” kata Romo Benny dalam keterangan tertulis, yang dikutip Selasa (31/5). 

Menurut penjelasannya, Jokowi akan menjadi presiden RI kedua yang berkunjung ke Kabupaten Ende, setelah Presiden Pertama RI, Soekarno.

“Peringatan hari Lahir Pancasila saat ini menjadi momen berharga bagi Kabupaten Ende dan masyarakat Indonesia,” jelas Romo Benny.

Terkait kabar Jokowi akan memimpin peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende ini juga dibenarkan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

Baca Juga: Jokowi: Pandemi Sudah Melandai, namun Vaksinasi Harus Tetap Dilakukan

"Iya upacara (memimpin upacara di Ende)," ujar Heru seperti dilansir dari Kompas.com, Selasa.

Selain memimpin upacara, Presiden, kata Heru juga dijadwalkan melakukan berbagai kegiatan seperti berkunjung ke pasar, ke hutan bambu dan mengunjungi Kabupaten Ngada.

Seperti diketahui, setiap tahun pada 1 Juni, Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila.

Peringatan hari Lahir Pancasila ditetapkan berdasarkan peristiwa sejarah dicetuskannya Pancasila pada 1 Juni 1945 oleh Presiden pertama RI, Soekarno, dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Hari Pancasila 2022 ini juga menjadi hari libur nasional. Seperti telah disebutkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri terbaru Nomor 375 Tahun 2022 (Menteri Agama), Nomor 1 Tahun 2022 (Menteri Ketenagakerjaan), dan Nomor 1 tahun 2022 (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2022.

Sementara itu, Dikutip dari laman resmi BPIP, adapun tema yang telah ditetapkan pada peringatan hari Lahir Pancasila 2022 adalah “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.

Baca Juga: Aturan Bantuan Subsidi Upah Tunggu Persetujuan Jokowi, Netizen Gunakan Tagar RIP BSU




Sumber : Kompas TV/Kompas.com




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x