Kompas TV nasional peristiwa

Kapolri Minta Masyarakat Manfaatkan Relaksasi dari Tempat Bekerja, Tak Perlu Buru-Buru Pulang

Kompas.tv - 7 Mei 2022, 20:06 WIB
kapolri-minta-masyarakat-manfaatkan-relaksasi-dari-tempat-bekerja-tak-perlu-buru-buru-pulang
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Kapolri meminta masyarakat yang mudik untuk memanfaatkan relaksasi dari tempat kerja dan tidak perlu terburu-buru kembali ke Jakarta. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS. TV – Kapolri Jenderal Pol  Listyo Sigit  Prabowo meminta masyarakat memanfaatkan kebijakan work from home (WFH) beberapa hari setelah libur Lebaran, yang telah ditetapkan sejumlah instansi dan lembaga.

Masyarakat terutama yang bekerja di instansi yang mengatur WFH sebaiknya tidak terburu-buru kembali ke rumah masing-masing, untuk bisa menghindari kepadatan lalu lintas arus balik.

"Relaksasi tersebut harus dimanfaatkan dan diatur saat balik sehingga kepadatan di arus balik bisa dihindari dan bisa diurai,” ujar Jenderal Sigit, saat mengecek kesiapan arus balik Lebaran 2022, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung (7/5/2022).

Baca Juga: Arus Balik H+5 Lebaran, 5 Ribu Pemudik Tiba di Jakarta Melalui Bandara, Stasiun dan Terminal

Dia menegaskan hal yang paling penting dalam arus balik adalah masyarakat bisa kembali dengan nyaman dan selamat.

“Kami, pemerintah dan stakeholder terkait akan memberikan pelayanan terbaik," papar mantan Kabareskrim Polri ini.

Menurutnya melalui relaksasi antara lain berupa WFH, masyarakat bisa tetap melaksanakan tugasnya meski tidak harus ke kantor.

Baca Juga: Arus Balik Meningkat Drastis, Pelabuhan Parepare Penuh Diserbu Pemudik!

Selan itu, pemudik asal Jakarta yang membawa anak-anak juga tidak perlu terlalu khawatir, karena kegiatan sekolah baru dimulai tanggal 12 Mei 2022.

Saat meninjau kesiapan di Pelabuhan Bakauheni, Sigit melihat grafik arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni mulai dari dua hingga tiga hari ke belakang, mengalami peningkatan kapasitas penumpang. Dari 15.000 orang kemudian naik 16.000 dan naik lagi 31.000. Kemungkinan malam hari ini bisa naik 41.000.

Menurut dia, untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan, pihaknya sudah mendengar dan melihat bagaimana skema persiapan yang dilakukan rekan-rekan yang melakukan pengamanan di pelabuhan untuk menghadapi puncak arus balik.

Baca Juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo & Menhub Budi Karya Sumadi Tinjau Pelabuhan Bakauheni Lampung

Mulai dari mengatur rest area sebagai tempat menampung, manakala terjadi kepadatan di dermaga sampai dengan menambah jumlah dermaga di Bakauheni, yaitu dermaga Panjang dan BBJ serta juga jumlah kapal.

"Saya kira dengan rekayasa yang baik ini, kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Merak kemarin bisa dihindari di Pelabuhan Bakauheni," kata Sigit.

Mantan Kapolda Banten ini mengungkapkan ada beberapa skema yang disiapkan petugas antara lain hijau, kuning dan merah. Merah berarti sudah padat. Dan dalam beberapa hari ini baru masuk situasi hijau. "Saya harap situasi ini dapat bertahan terus," imbuh Sigit.

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x