Kompas TV nasional kesehatan

Cara Mencegah Hepatitis Akut: Kuncinya Jaga Kebersihan Makanan

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 05:05 WIB
cara-mencegah-hepatitis-akut-kuncinya-jaga-kebersihan-makanan
Ilustrasi alat makan. (Sumber: Freepik/mdjaff)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengandalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Dwi Oktavia mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan makanan agar dapat mencegah hepatitis akut.

Hal ini termasuk saat membeli makanan di luar, Dwi mewanti-wanti untuk waspada dan memilih makanan yang tertutup sehingga terbebas dari lalat.

"Masyarakat agar mewaspadai kalau makan atau jajan tentu pilih makanan yang tertutup, dimasak sempurna, cuci tangan sebelum makan," kata Dwi, seperti diberitakan Antara, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga: Waspada, di Jatim Ditemukan 114 Kasus Sakit Kuning Akut yang Berkorelasi dengan Gejala Hepatitis

Kebersihan makanan juga termasuk dalam hal penggunaan alat makan. Dwi menyarankan untuk tidak menggunakan alat makan bersama-sama. Sebab, hepatitis akut dapat menular lewat jalur oral atau saluran pencernaan.

Untuk menjaga ketahanan tubuh, penting untuk memilih makanan yang sehat dan tidak terkontaminasi bakteri.

Hingga kini, Dinkes DKI baru bisa memberikan imbauan karena penyebab hepatitis akut masih belum diketahui. Pihaknya terus mengikuti perkembangan kasus.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih melakukan penyelidikan epidemiologi guna mencari tahu penyebab hepatitis akut. Terlebih, tiga anak di Jakarta meninggal diduga karena penyakit ini.

Baca Juga: Hepatitis Akut Kian Merebak, Menko PMK Bakal Lakukan Pelacakan Kasus di Seluruh Daerah

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siri Nadia Tarmizi juga menyinggung soal kebersihan makanan sebagai upaya pencegahan penyakit hepatitis akut.

“Lakukan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang sakit serta tetap melaksanakan protokol kesehatan," imbau Siti.

Selain itu, orang tua perlu meningkatkan kewaspadaan dan pemahaman mengenai gejala hepatitis akut ini. Jika anak mengalami gejala hepatitis akut, segera bawa ke fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Gejala hepatitis akut ini meliputi kuning, muntah, mual, sakit perut, diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, hingga penurunan kesadaran.

 




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x