Kompas TV nasional politik

Level PPKM Ditingkatkan, Wakil Ketua MPR: Pemerintah Jangan Lupa Kasih Bansos

Kompas.tv - 8 Februari 2022, 11:21 WIB
level-ppkm-ditingkatkan-wakil-ketua-mpr-pemerintah-jangan-lupa-kasih-bansos
Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menyoroti kenaikan kasus covid-19 varian omicron yang menanjak. Kenaikan kasus ini bahkan mulai menunjukkan gejala berbahaya seperti pada puncak covid di pertengahan tahun 2021. 

Pemerintah pun kini menerapkan kebijakan PPKM level 3 di Wilayah seperti Jabodetabek, Bandung Raya, DIY, hingga Bali per Senin (7/2/2022). 

“Kenaikan kasus Omicron ini tentu duka bagi kita semua. Meskipun dalam banyak kajian varian ini relatif tidak begitu berbahaya dibanding varian Delta, namun tingkat infeksinya sangatlah tinggi." 

"Meski ringan, namun jika menginfeksi orang yang punya komorbid dan ketahanan fisik yang lemah, juga berdampak mematikan. Jadi semestinya kita tidak boleh anggap remeh,” kata Syarief seperti dikutip dari laman mpr.go.id, Selasa (8/2/2022). 

Baca Juga: Jabodetabek PPKM Level 3, Anak di Bawah Usia 5 Tahun Tidak Boleh Masuk Mal

Politikus Partai Demokrat ini mengingatkan jika kasus omicron ini terus menanjak, pemerintah harus mengambil, melanjutkan, dan mempertajam serangkaian kebijakan bantuan sosial atau bansos untuk membantu warga terdampak, terutama warga berpendapatan rendah. 

Hal ini, menurut Syarief, penting karena jika aktivitas perekonomian kembali dibatasi, masyarakat miskin akan sulit memenuhi kebutuhan dasarnya.

“Tugas negara memastikan semua warganya tercukupi kebutuhan dasarnya. Masyarakat miskin sebagai yang terdampak harus diberikan afirmasi agar dapat terus melanjutkan hidupnya." 

"Jaring pengaman sosial seperti bantuan langsung tunai, bantuan sosial, dan bantuan permodalan UMKM adalah kebijakan yang mesti diambil. Tidak ada cara lain." 

Baca Juga: Jabodetabek Level 3 PPKM, Begini Aturan Terbaru Makan di Warteg dan Tempat Resepsi Pernikahan



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x