Kompas TV nasional politik

Tri Rismaharini dan Erick Thohir Dianggap Menteri Paling Memuaskan di Masa Pandemi

Kompas.tv - 14 Agustus 2021, 14:21 WIB
tri-rismaharini-dan-erick-thohir-dianggap-menteri-paling-memuaskan-di-masa-pandemi
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Sumber: KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri BUMN Erick Thohir mendapat apresiasi sebagai menteri dengan kinerja paling memuaskan di masa pandemi Covid 19.

Tingkat pengetahuan publik terhadap program Kementrerian Sosial pun dianggap paling tinggi dibanding pengenalan publik terhadap program kementerian lainnya.

Demikian terungkap dari hasil survei Indonesian Political Opinion (IPO) yang dipublikasikan Sabtu (14/8). Survei ini dilakukan pada 2 – 10 Agustus 2021, dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling.

Baca Juga: Menteri Sosial Tri Rismaharini Apresiasi Pengungkapan Korupsi Bansos PKH di Malang

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah Putra kepada Kompas TV mengatakan, pengetahuan publik terkait program Kementerian Sosial merupakan hal yang wajar karena memang terkait langsung dengan penanganan pandemi.

“Sementara kepuasan atas menterinya linear dengan persepsi terhadap institusi,” ujarnya.

Dalam hasil survei bertajuk Refleksi Penanganan Pandemi dan Dampak Konstelasi Politik 2024 tersebut, publik yang puas terhadap kinerja Tri Rismaharini mencapai 57,5 persen. Persentase ini merupakan yang paling tinggi dibanding menteri-menteri lainnya.

Di urutan berikutnya menteri yang dianggap bekerja memuaskan adalah Erick Thohir 54,2 persen, Sandiaga Uno  41,4 persen, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Baca Juga: Erick Thohir Apresiasi Upaya PLN Produksi Oksigen Murni 2 Ton per Hari

Sejumlah faktor yang memengaruhi persepsi kepuasan publik terhadap kinerja kementerian, antara lain, program kerja, transparansi, dan koordinasi antarlembaga.

Kepuasan terhadap kinerja menteri juga sejalan dengan tingkat pengetahuan responden dengan program-program kementerian tersebut. Pengenalan publik terhadap program Kementerian Sosial paling tinggi.

Responden yang mengetahui program Kementerian Sosial mencapai 76,1 persen. Sementara penganalan publik terhadap program Kementerian Kesehatan mencapai 61,7 persen. Pengenalan publik terhadap program Kementerian BUMN yang dipimpin Erick Thohir mencapai 55 persen.  

Baca Juga: Tri Rismaharini Bantu Gading Oga Saputra, Beri Motor Khusus Difabel

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x