Kompas TV lifestyle kesehatan

Studi Ungkap Sarapan Kurang Bergizi Ternyata Bikin Anak Lemot dalam Belajar

Kompas.tv - 24 Oktober 2024, 04:30 WIB
studi-ungkap-sarapan-kurang-bergizi-ternyata-bikin-anak-lemot-dalam-belajar
Ilustrasi menu sarapan anak. (Sumber: Smalljoy.tv)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sarapan bergizi seimbang seharusnya menjadi kebiasaan baik yang dimiliki tiap keluarga, terlebih untuk anak usia sekolah.

Kekurangan energi dan kekurangan zat besi terbukti bisa menyebabkan gangguan kemampuan belajar alias lemot pada anak.

Penelitian yang dilakukan oleh organisasi nirlaba Fokus Kesehatan Indonesia (FKI) pada 500 anak usia sekolah dasar di Jakarta menemukan anak yang kurang zat besi, kurang energi, dan berperawakan pendek beresiko tiga kali lipat mengalami gangguan working memory atau memori kerja dibandingkan dengan anak berstatus gizi baik.

Baca Juga: Mitos atau Fakta? Menyusui Itu Harus Berhenti saat Anak Usia 2 Tahun

Ketua FKI Prof. Nila Moeloek mengatakan, working memory adalah indikator penting untuk keberhasilan belajar anak.

"Working memory dibutuhkan agar anak bisa mengikuti instruksi guru, fokus pada pelajaran, bahkan untuk menghapal dan menginterpretasikan informasi jangka pendek," paparnya dalam acara temu media di Jakarta, Selasa (22/10/2024), mengutip Kompas.com.

Anak dengan working memory yang buruk akan lebih lambat mencerna informasi sehingga sulit mengambil keputusan.

Ditambahkan oleh Prof.Nila, temuan ini sejalan dengan PISA skor yang menempatkan anak Indonesia dalam posisi rendah untuk sejumlah indikator, yaitu kemampuan membaca, matematika, dan juga sains.

Salah satu peneliti, Dr.Ray Wagiu Basrowi mengatakan, penelitian FKI ini membuktikan bahwa kondisi kurang gizi dan anemia defisiensi besi pada anak SD ini bisa mengancam prestasi akademik murid sekolah dasar di kemudian hari.

"Otak membutuhkan zat gizi makro minimal yang bisa dipenuhi dari zat gizi makro dalam menu sarapan agar anak bisa belajar dengan baik," ujarnya.

Asupan gizi makro sangat penting sekali langsung dipakai tubuh dan otak sebagai energi untuk aktivitas, berpikir, bermain, dan belajar.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x