Kompas TV lifestyle kesehatan

Catat, Berikut Cara Menurunkan Berat Badan dan Diet Secara Alami

Kompas.tv - 1 Agustus 2024, 05:00 WIB
catat-berikut-cara-menurunkan-berat-badan-dan-diet-secara-alami
Biaya pengobatan penyakit obesitas ditanggung BPJS Kesehatan (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Obesitas adalah penumpukan lemak berlebihan akibat ketidakseimbangan asupan energi dengan energi yang digunakan.

Kondisi ini dapat mengundang berbagai gangguan kesehatan, termasuk penyakit jantung. Oleh karena itu, penting bagi penderita obesitas untuk menurunkan berat badan hingga mencapai angka ideal.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menemukan bahwa prevalensi obesitas di Indonesia banyak terjadi di kalangan pegawai pemerintahan. 

Berdasarkan data dari Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023, pegawai negeri sipil (PNS), anggota polisi, TNI, serta pegawai BUMN/BUMD menunjukkan tingkat obesitas tertinggi di antara profesi lainnya.

Hasil survei SKI 2023, 32 persen PNS, TNI, Polri, dan pegawai BUMN/BUMD menderita obesitas, dengan prevalensi 29,3 persen pada laki-laki dan 36,1 persen pada perempuan dalam profesi tersebut.

Menurut Kemenkes, orang dewasa dianggap mengalami obesitas sentral jika memiliki lingkar perut lebih dari 90 cm untuk laki-laki dan lebih dari 80 cm untuk perempuan.

Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami

Batasi Konsumsi Gula

Mengurangi konsumsi gula dapat membantu menurunkan berat badan. Gula mengandung banyak kalori dan dapat meningkatkan keinginan untuk makan lebih banyak.

Baca Juga: 6 Ikan yang Cocok untuk Diet, Tinggi Protein dan Rendah Lemak




Sumber : Kompas TV, Kontan.id, Kemenkes, Tribun News




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x