Kompas TV lifestyle kesehatan

Bermanfaat untuk Tubuh, Berikut Jenis Makanan yang Kaya Magnesium

Kompas.tv - 19 Juli 2024, 05:20 WIB
bermanfaat-untuk-tubuh-berikut-jenis-makanan-yang-kaya-magnesium
Ilustrasi Daun Bayam yang mengandung magnesium. (Sumber: rawpixel.com on Freepik)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang instruktur kedokteran di Harvard Medical School, Dr. Trisha Pasricha mengungkapkan, magnesium adalah ion vital yang terdapat di setiap sel dalam tubuh kita.

Mengutip dari situs Washington Post pada hari Senin, ion ini berperan penting dalam berbagai fungsi seluler yang esensial. Termasuk metabolisme, transportasi antar membran sel, dan pengikatan hormon.

Menurut data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional AS, pria dewasa dianjurkan mengonsumsi 400-420 mg magnesium setiap hari, sementara wanita dewasa disarankan mengonsumsi 310-320 mg per hari.

Magnesium merupakan salah satu mineral terpenting bagi tubuh. Zat ini diperlukan untuk lebih dari 600 reaksi seluler, mulai dari pembuatan DNA hingga membantu kontraksi otot. 

Selain itu, magnesium juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang, mengontrol gula darah dan tekanan darah, serta memproduksi energi. 

Asupan magnesium dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan. Untuk menghindari kekurangan magnesium, berikut enam jenis makanan yang mengandung magnesium:

Quinoa

Selain kaya akan protein, quinoa juga kaya akan magnesium. Satu cangkir quinoa mengandung sekitar 118 miligram magnesium.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, mete, atau kacang tanah tidak hanya lezat sebagai camilan, tetapi juga kaya akan magnesium.

Baca Juga: Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan, Cegah Insomnia hingga Kanker




Sumber : Kompas TV, Kompas.com




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x