Kompas TV lifestyle beauty and fashion

7 Suplemen yang Dapat Memicu Jerawat, Jangan Konsumsi Berlebihan

Kompas.tv - 25 Juni 2024, 07:20 WIB
7-suplemen-yang-dapat-memicu-jerawat-jangan-konsumsi-berlebihan
Ilustrasi. 7 suplemen yang dapat memicu jerawat. (Sumber: Pixabay/Kjerstin_Michaela)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu. Meski umumnya tidak berbahaya, jerawat dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. 

Jerawat dapat disebabkan berbagai hal, seperti penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok, pola makan yang tidak sehat, genetik, hingga hormon.

Namun, tahukah Anda bahwa konsumsi suplemen tertentu juga dapat memicu jerawat?

Meskipun bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, beberapa jenis suplemen dapat berpotensi memicu atau memperburuk jerawat pada beberapa orang.

Karena itu, penting untuk mengetahui kandungan dan efek samping dari suplemen yang ingin dikonsumsi.

Baca Juga: Jangan Menderita Lahir Batin Bila Tumbuh Jerawat Dalam Lubang Hidung, Ini yang Perlu Dilakukan

Selain itu, konsultasikan lebih dulu dengan dokter agar suplemen yang dikonsumsi tidak menimbulkan efek samping lain yang tidak diinginkan.

7 Suplemen yang Dapat Memicu Jerawat

Dikutip dari laman EatingWell, berikut 7 suplemen yang dapat memicu jerawat.

1. Vitamin B6 bersama B12

Konsumsi vitamin B6 dan B12 secara bersamaan dapat memicu dan memperburuk kondisi jerawat. Meski masih diteliti lebih lanjut mengapa hal ini bisa terjadi, namun disebutkan bahwa vitamin B jenis ini mengiritasi bakteri yang bernama Propionibacterium acnes.

Dilansir laman National Institutes of Health, Propionibacterium acnes adalah bakteri komensal gram positif pada kulit manusia. Ketika bakteri ini terpapar oleh vitamin B6 dan B12 sekaligus, produksi porfirin akan meningkat. 

Porfirin adalah senyawa yang dapat mengiritasi dan menimbulkan peradangan pada kulit yang rentan jerawat. Konsumsi dosis tinggi vitamin B6 dan B12, dapat meningkatkan kadar homosistein atau homocysteine dalam darah. 

Homosistein dapat meningkatkan peradangan dan memicu jerawat.

2. Yodium

Suplemen yodium juga dapat memicu munculnya jerawat, terutama jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Yodium memiliki beberapa sumber utama, seperti rumput laut, ikan, telur, garam, dan susu.

Namun, kandungan rumput laut berpotensi memberikan efek samping seperti benjolan berisi nanah di wajah, leher, bahu, dan punggung. Selain itu, susu yang menjadi sumber utama yodium itu juga dapat memicu timbulnya lesi di kulit.



Sumber : EatingWell



BERITA LAINNYA



Close Ads x