Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Risiko Kanker

Kompas.tv - 25 Juni 2024, 06:35 WIB
7-manfaat-pakcoy-untuk-kesehatan-salah-satunya-menurunkan-risiko-kanker
Manfaat pakcoy untuk kesehatan. (Sumber: Christina Rumpf on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakcoi, pakcoy atau bok choy merupakan anggota dari keluarga Brassica yang berasal dari China. Sayuran hijau ini kaya kandungan nutrisi yang memberikan manfaat untuk kesehatan.

Dilansir laman Medical News Today, pakcoy mentah seberat 70 g mengandung 9 kalori, seng, vitamin A dan K, hingga zat besi.

Pakcoy menempati urutan keenam pada Aggregate Nutrient Density Index (ANDI) untuk buah dan sayuran. 

Indeks ini menilai makanan tidak hanya berdasarkan kandungan vitamin dan mineralnya, tetapi juga komposisi fitokimia dan kapasitas antioksidannya.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

7 Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan

Dilansir laman WebMD, berikut 7 manfaat pakcoy untuk kesehatan. 

1. Menurunkan risiko kanker

Manfaat pakcoy untuk kesehatan yang pertama adalah menurunkan risiko kanker. Sayuran ini mengandung senyawa bersifat antikanker, seperti vitamin C dan E, beta karoten, folat, dan selenium.

Vitamin C, vitamin E, dan beta karoten adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Sementara selenium dapat membantu memperlambat laju pertumbuhan tumor.

Pakcoy juga kaya serat, yang bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda dan dapat membantu mencegah kanker usus besar. 

2. Mencegah penyakit jantung

Manfaat pakcoy untuk menurunkan risiko penyakit jantung berasal dari beberapa kandungannya. Selain karena mengandung flavonoid quercetin, sayuran silangan ini mengandung folat dan vitamin B6.

Kedua nutrisi tersebut dapat menghilangkan kelebihan homosistein dalam darah. Terlalu banyak homosistein dapat merusak pembuluh darah dan pada akhirnya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sayuran ini juga tinggi potasium, magnesium, dan kalsium, yang semuanya membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Menurunkan tekanan darah tinggi dapat membantu menurunkan risiko masalah terkait jantung.

3. Melawan peradangan



Sumber : Medical News Today, WebMD



BERITA LAINNYA



Close Ads x