Kompas TV lifestyle tren

20 Juni Hari Apa? Ada Dua Peringatan yang Dirayakan secara Global

Kompas.tv - 20 Juni 2024, 07:56 WIB
20-juni-hari-apa-ada-dua-peringatan-yang-dirayakan-secara-global
Ilustrasi. Pada 20 Juni 2024, dua peringatan penting dirayakan secara global, yaitu Hari Pengungsi Sedunia dan Hari Produktivitas Sedunia. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap tanggal 20 Juni yang tahun ini jatuh pada hari ini atau Kamis (20/6/2024), diperingati dua hari penting yang dirayakan secara global.

Pertama, Hari Pengungsi Sedunia, yang ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai dukungan untuk semua orang yang terpaksa meninggalkan negara asalnya untuk menghindari konflik atau penganiayaan.

Kedua, Hari Produktivitas Sedunia, yang mengingatkan warga dunia untuk mengatur segala hal secara efisien agar pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

Memaknai Hari Pengungsi Sedunia 20 Juni

Hari Pengungsi Sedunia merupakan peringatan tahunan yang bertujuan untuk memberi perhatian dan dukungan kepada para pengungsi agar dapat bertahan hidup dan berkembang.

Menurut badan PBB yang mengurusi masalah pengungsi, UNHCR, peringatan ini pertama kali diadakan pada 20 Juni 2001 untuk memperingati 50 tahun Konvensi 1951 terkait Status Pengungsi.

Baca Juga: 1 Maret 2024 Memperingati Hari Apa? Serangan Umum 1 Maret 1949 hingga Hari Kehakiman Nasional

Awalnya, hari ini dikenal sebagai Hari Pengungsi Afrika, namun akhirnya Majelis Umum PBB secara resmi menetapkannya sebagai hari pengungsi internasional pada Desember 2000.

Merayakan Hari Produktivitas Sedunia dengan Kebahagiaan

Selain Hari Pengungsi Sedunia, tanggal 20 Juni juga diperingati sebagai Hari Produktivitas Sedunia.

Peringatan ini mengingatkan warga dunia untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan menciptakan kebiasaan aktivitas yang teratur namun juga tentram.

Produktivitas tidak hanya diukur dari seberapa cepat pekerjaan dapat diselesaikan, tetapi juga seberapa bahagia kita dalam mengerjakannya.

Sebuah studi ekstensif yang dilakukan Universitas Oxford menemukan bahwa pekerja menjadi 13 persen lebih produktif ketika mereka bahagia.

Kedua hari peringatan tersebut memberikan pesan penting bahwa solidaritas dan kebahagiaan sangat penting dalam mencapai produktivitas yang optimal.

Baca Juga: 4 Cara Jitu Tingkatkan Produktivitas Menurut Sains, Cocok Diterapkan Jika Tak Bersemangat

Dengan memberi perhatian dan dukungan kepada para pengungsi, kita menunjukkan solidaritas kepada sesama manusia yang membutuhkan.

Sementara dengan merayakan Hari Produktivitas Sedunia, kita diingatkan untuk selalu produktif namun tetap bahagia dalam menjalani aktivitas sehari-hari.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x