Kompas TV lifestyle travel

8 Makanan yang Dapat Melindungi Kulit dari Sinar UV

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 10:09 WIB
8-makanan-yang-dapat-melindungi-kulit-dari-sinar-uv
Ilustrasi Kulit yang Terlindungi dari Sinar UV (Sumber: Anastasia Kazakova on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sinar ultraviolet (UV) memang membantu tubuh menghasilkan vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan jantung. Akan tetapi, paparan sinar UV yang berlebihan dapat membuat kulit terbakar, kusam, belang, dan mengalami penuaan dini.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan dampak buruk sinar UV, seperti menggunakan tabir surya. Tak hanya itu, melindungi kulit dari sinar UV juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu.

Melansir laman Healthline, berikut makanan yang dapat melindungi kulit dari sinar UV.

Baca Juga: Catat Waktunya, BMKG Prediksi Sinar UV Tinggi dan Ekstrem di Indonesia pada 12 Oktober 2023

1. Semangka 

Semangka mengandung likopen yang dapat menyerap radiasi UVA dan UVB. Likopen adalah karotenoid atau sejenis pigmen organik yang dapat ditemukan di buah-buahan berwarna merah.

Buah semangka juga mengandung vitamin A, B6 dan C, yang dapat menutrisi kulit sehingga kulit terjaga. Konsumsi semangka setiap hari selama beberapa minggu akan memberikan perlindungan alami bagi kulit dari sinar matahari.

Selain itu, semangka yang mengandung banyak air dapat menjaga tingkat hidrasi kulit.

2. Stroberi

Stroberi mengandung vitamin C dan asam ellagic yang dapat menyerap radikal bebas dan mengurangi pigmentasi kulit. kandungan antosianin  dan flavonoid dalam buah ini dapat menjaga kesehatan kulit kulit dan melindunginya dari kerusakan karena sinar UV.

3. Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Walau berukuran kecil, blueberry kaya akan vitamin C yang akan membantu mencegah kerutan pada kulit.

Di sisi lain, buah yang satu ini juga dapat mengatasi stres.

4. Jambu biji



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x