Kompas TV lifestyle kesehatan

8 Makanan Pencegah Kanker sebagai Pilihan Menu Makanan Sehat

Kompas.tv - 22 Mei 2024, 10:59 WIB
8-makanan-pencegah-kanker-sebagai-pilihan-menu-makanan-sehat
Brokoli, salah satu makanan yang dapat mencegah kanker. (Sumber: Annie Spratt on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pola makan menjadi salah satu faktor penting dalam upaya menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan menyantap makanan sehat, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti kanker. 

Dilansir laman Medical News Today, kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel abnormal di dalam tubuh.

Konsumsi makanan yang tepat diketahui dapat membantu menjaga sel-sel tubuh tetap sehat sehingga menurunkan risiko kanker. 

Berikut daftar makanan pencegah kanker yang dapat menjadi pilihan menu makanan sehat.

Baca Juga: Raja Charles III Kehilangan Indra Perasa, Efek Samping Pengobatan Kanker

8 Makanan Pencegah Kanker

1. Brokoli

Dikutip dari laman Healthline, brokoli dapat mencegah kanker karena mengandung sulforaphane. Sulforaphane adalah senyawa yang terbukti dapat membunuh sel tumor.

Kandungan ini juga dapat mengurangi ukuran tumor berdasarkan hasil penelitian tabung dan penelitian terhadap hewan.

Asupan sayuran cruciferoius, termasuk brokoli, yang lebih tinggi juga dikaitkan dengan risiko kanker kolorektal yang lebih rendah.

Meski begitu, perlu diingat bahwa penelitian yang ada belum melihat secara langsung bagaimana brokoli dapat memengaruhi kanker pada manusia.

2. Buah beri

Makanan pencegah kanker selanjutnya adalah buah beri. Buah jenis ini kaya akan antosianin, pigmen tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan dan dapat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker.

Beberapa penelitian tabung dan hewan telah menemukan bahwa senyawa dalam buah beri dapat menurunkan pertumbuhan dan penyebaran jenis kanker tertentu, seperi kanker kolorektal, kanker mulut, dan tumor kerongkongan.

Berdasarkan temuan ini, Anda bisa mencoba memasukkan satu atau dua porsi buah beri dalam pola makan sehari-hari untuk membantu menghambat perkembangan kanker.

3. Jamur enoki dan shitake

Menurut penelitian, jamur enoki mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bermanfaat melindungi tubuh dari peradangan dan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Sementara jamur shitake mengandung serat beta glukan bernama lentinan. Senyawa ini merupakan gula kompleks yang dapat meningkatkan sistem imun serta mengaktifkan sel-sel dan protein tertentu dalam tubuh untuk melawan sel kanker.

4. Tomat



Sumber : Medical News Today, Healthline



BERITA LAINNYA



Close Ads x