Kompas TV lifestyle kesehatan

Tips-Tips Menurunkan Kolesterol dengan Pola Hidup Sehat

Kompas.tv - 19 Mei 2024, 02:05 WIB
tips-tips-menurunkan-kolesterol-dengan-pola-hidup-sehat
Berikut ini beberapa tips untuk menurunkan kolesterol yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. (Sumber: Freepik/rawpixel)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kolesterol adalah zat lemak yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik. 

Namun, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menempel pada dinding arteri dan menyempitkannya, meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan penyakit jantung lainnya. 

Kolesterol dalam darah dibawa oleh protein yang disebut lipoprotein. Ada dua jenis utama lipoprotein, yaitu LDL (low-density lipoprotein) dan HDL (high-density lipoprotein)

LDL sering disebut sebagai kolesterol "jahat" karena dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri. Sementara itu, HDL dikenal sebagai kolesterol "baik" karena membantu mengangkut kolesterol dari bagian tubuh lain kembali ke hati untuk dihilangkan.

Langkah pertama dalam menurunkan kolesterol adalah melakukan perubahan gaya hidup.

Dilansir dari Medline Plus, berikut ini beberapa tips untuk menurunkan kolesterol yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Kolesterol Paling Banyak Diderita Calon Jemaah Haji, Ini Tips Jaga Kesehatan sebelum ke Tanah Suci

Tips Menurunkan Kolesterol dengan Gaya Hidup Sehat

1. Pola Makan Sehat untuk Jantung

Pola makan yang sehat untuk jantung membatasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan daging tanpa lemak.



Sumber : Medline Plus



BERITA LAINNYA



Close Ads x