Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Tidak Banyak yang Tahu, 13 Tips Ini Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Alami

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 09:00 WIB
tidak-banyak-yang-tahu-13-tips-ini-menumbuhkan-rambut-dengan-cepat-dan-alami
Ilustrasi Rambut Panjang (Sumber: diana.grytsku on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Rambut adalah salah satu bagian penting dari penampilan kita. Tidak jarang, banyak dari kita yang ingin memiliki rambut sehat dan panjang. Namun, pertumbuhan rambut tidak bisa diubah dengan instan.

Faktanya, kita sudah lahir dengan semua folikel rambut yang akan kita miliki sepanjang hidup kita, dan hilangnya sekitar 100 helai rambut setiap hari adalah hal yang normal.

Rambut tumbuh dari akar di bagian bawah folikel rambut di bawah kulit kita. Untuk membantu rambut tumbuh dengan sehat, kita perlu memberikan nutrisi dan oksigen melalui aliran darah ke folikel rambut.

Dikutip dari Healthline, berikut beberapa tips untuk membantu pertumbuhan rambut yang lebih cepat dan kuat.

1. Hindari Diet Ketat

Diet ketat dapat mengurangi sumber daya dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Diet juga bisa menghentikan pertumbuhan rambut ketika tubuh kita mengalami stres akibat diet ketat. Bahkan setelah kembali ke diet sehat, rambut sering masih rontok selama beberapa bulan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Emily L. Guo dan Rajani Katta pada tahun 2017 menyatakan bahwa kekurangan nutrisi kunci dapat memengaruhi struktur rambut dan pertumbuhannya.

Penelitian tersebut juga menunjukan bahwa penurunan berat badan yang tiba-tiba dapat menyebabkan kerontokan sementara, yang dikenal sebagai telogen effluvium (TE), atau alopesia difus akibat kekurangan niacin, seperti yang dipublikasikan dalam PubMed Central. 

2. Perhatikan Asupan Protein

Diet yang sangat ketat juga dapat menghambat pertumbuhan rambut. Asupan protein yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut yang optimal. Disarankan untuk mengonsumsi 50 gram protein atau lebih setiap hari.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Masker Rambut Lidah Buaya yang Jarang Orang Tahu

3. Gunakan Produk Berkandungan Kafein

Kafein dalam produk-produk topikal seperti shampo dan kondisioner dapat mencegah kerontokan rambut secara efektif. Kafein juga dapat merangsang metabolisme dan proliferasi sel-sel yang mendukung pertumbuhan rambut.

Hal tersebut juga didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Jörn Michael Völker, Nadine Koch, Maike Becker, dan Adolf Klenk pada tahun 2020, menunjukkan bahwa kafein dalam produk topikal seperti shampo dan kondisioner, dapat mencegah kerontokan rambut seperti pengobatan berbasis obat.

4. Memakai Minyak Essential

Minyak esensial, seperti minyak biji labu dan rosemary, telah terbukti dapat merangsang pertumbuhan rambut. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk mendukung temuan ini.

Selain itu, minyak peppermint, minyak jojoba, dan minyak lavender juga menunjukkan potensi untuk mencegah kerontokan rambut, seperti yang disebutkan dari penelitian oleh Nneamaka Ezekwe, MD, Madelyn King, MD, dan Jasmine C. Hollinger, MD, FAAD, pada tahun 2020.

5. Perkaya Nutrisimu



Sumber : Healthline.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x