Kompas TV lifestyle kesehatan

Cara Meredakan Batuk Berdahak dengan 7 Bahan dan Tips Alami Ini

Kompas.tv - 19 September 2023, 12:43 WIB
cara-meredakan-batuk-berdahak-dengan-7-bahan-dan-tips-alami-ini
Ilustrasi batuk. (Sumber: Shutterstock Via Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Batuk berdahak dapat menjadi gangguan yang mengganggu kenyamanan tidur, terutama ketika menyerang di malam hari. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa metode alami yang bisa dicoba.

Sebagian besar kasus batuk berdahak yang disebabkan oleh virus, seperti flu, umumnya tidak memerlukan perawatan khusus. Batuk ini dapat sembuh secara alami seiring membaiknya daya tahan tubuh.

Namun, jika batuk berdahak disebabkan oleh bakteri, maka pengobatan dengan antibiotik mungkin diperlukan. Dalam hal ini, konsultasi dengan dokter sangat dianjurkan.

Baca Juga: Resep Buah Pir Kukus Viral di TikTok, Dipercaya Obat Batuk Tradisional, Bener Nggak?

American Academy of Pediatrics juga memberikan peringatan bahwa anak-anak di bawah usia empat tahun tidak seharusnya diberi obat batuk dan pilek tanpa pengawasan dokter. Hal yang sama berlaku untuk ibu hamil dan anak di bawah usia 12 tahun.

Selain pengobatan medis, ada beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk meredakan batuk berdahak sebagaimana dikutip dari HealthLine.

Bahan Alami untuk Meredakan Batuk Berdahak

1. Madu

Madu dapat membantu mengurangi dahak dan batuk. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau mencampurnya dengan air hangat atau teh herbal. Namun, ingatlah untuk tidak memberikan madu pada anak di bawah 12 tahun, karena beberapa jenis madu mungkin tidak cocok untuk mereka.

Baca Juga: Gara-Gara Polusi Udara Ibu Kota, Megawati Curhat Sering Batuk-Batuk!

2. Jahe

Jahe memiliki sifat peradangan yang dapat mengurangi intensitas batuk, terutama batuk kering. Anda dapat menambahkan jahe ke dalam minuman dengan menyeduh teh dan menambahkan madu serta perasan lemon. Tetapi, perlu diingat bahwa jahe mungkin tidak cocok untuk orang yang memiliki masalah perut atau mengalami sensasi terbakar di perut atas (heartburn).

3. Nanas



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x