Kompas TV lifestyle tren

Ternyata Cat Dinding Berpengaruh Usir Nyamuk di Rumah, Ini 6 Warna yang Efektif

Kompas.tv - 8 Agustus 2023, 08:44 WIB
ternyata-cat-dinding-berpengaruh-usir-nyamuk-di-rumah-ini-6-warna-yang-efektif
Ilustrasi nyamuk. (Sumber: SHUTTERSTOCK)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tak ada yang lebih mengganggu daripada serangan nyamuk dan serangga lainnya di sekitar rumah. Bukan cuma kerap mengusik, serangga ini juga berpotensi menggigit dan menyebarkan penyakit.

Solusi yang biasa diambil adalah dengan menggunakan pestisida, tetapi cara ini bukanlah solusi jangka panjang.

Penemuan Baru: Warna Dinding untuk Mengusir Nyamuk

Sebuah penelitian terbaru dari University of Washington menunjukkan solusi alami dan unik: mewarnai dinding rumah dengan warna-warna tertentu.

Fakta menariknya, nyamuk bereaksi terhadap warna ini hanya saat terdeteksi adanya karbon dioksida yang kita hembuskan saat bernapas.

Baca Juga: 5 Tips Lindungi Bayi dari Gigitan Nyamuk di Dalam dan Luar Ruangan

Lapisan warna ini sebagaimana dilaporkan Toms Guide terbukti bisa mencegah gangguan serangga terutama nyamuk.

Mungkin, ini adalah saat yang tepat bagi Anda memilih warna cat rumah selanjutnya dengan mempertimbangkan efek kesehatan serta keindahan dari warna yang Anda pilih.

Warna yang Ampuh Mengusir Nyamuk

  1. Biru Terang: Penelitian menunjukkan nyamuk kurang suka dengan warna biru terang. Alasannya, warna ini memantulkan panas dan cahaya yang tidak disukai nyamuk.
  2. Ungu: Nyamuk juga tidak menyukai warna ungu. Pilihlah warna ungu untuk dinding atau furnitur di luar rumah Anda.
  3. Putih: Warna terang seperti putih juga efektif memantulkan panas, membuatnya menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengusir nyamuk.
  4. Hijau: Meskipun nyamuk sering terbang di sekitar halaman yang hijau, mereka cenderung menghindari warna ini saat menentukan tempat untuk mendarat.
  5. Krem: Warna krem memantulkan panas dan cahaya dengan efektif, membuatnya kurang menarik bagi nyamuk.
  6. Kuning: Lampu dengan bohlam warna kuning dapat efektif mengusir serangga, termasuk nyamuk, di malam hari.

Baca Juga: Bikin Ruangan Wangi dan Cantik Pakai Lilin Aromaterapi Pengusir Nyamuk, Begini Caranya

Tanaman Pengusir Nyamuk

Cara lain tentu bisa digunakan Anda untuk mengusir nyamuk. Salah satunya adalah dengan menanam tanaman yang terbukti mengusir serangga ini.

Berikut adalah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang mengeluarkan aroma menyengat dan mengganggu penciuman hama seperti nyamuk.

  • Serai: memiliki aroma yang sedikit menyengat dan mengganggu penciuman nyamuk. Tanaman ini juga bisa digunakan untuk membuat semprotan pengusir nyamuk berkat kandungan minyak yang ada di dalamnya.
  • Kemangi: selain digunakan sebagai bahan makanan, ternyata juga ampuh melindungi hingga 40 persen dari serangan nyamuk. Caranya cukup mudah, tinggal menanamnya dalam pot dan diletakkan di sekitar rumah.
  • Daun Mint: tanaman yang terkenal dengan aroma segar, ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Daun mint menghasilkan minyak peppermint yang bisa digunakan sebagai penolak serangga, termasuk nyamuk.
  • Bunga lavender: juga mengeluarkan aroma unik yang menenangkan bagi manusia, tapi tidak untuk nyamuk. Penelitian telah menunjukkan bahwa aroma lavender dapat mengusir nyamuk.

Baca Juga: Tak Perlu Obat, Ini Cara Usir Nyamuk Hanya Pakai Serai, Dijamin Ampuh!

  • Rosemary: dengan aroma yang unik dan sering digunakan dalam masakan Italia, ternyata juga ampuh mengusir nyamuk. Studi menunjukkan minyak esensial rosemary memiliki daya pengusir nyamuk yang lebih lama daripada minyak lainnya.
  • Catnip: tanaman yang sering digunakan sebagai hiasan halaman rumah, ternyata juga membantu mencegah nyamuk menyerang rumah berkat kandungan minyaknya yang terbukti mengusir nyamuk Aedes.
  • Kayu Putih: meskipun jarang ditanam di halaman rumah, sudah menjadi rahasia umum bahwa tanaman ini ampuh mengusir nyamuk, seperti yang terdapat pada minyak Kayu Putih yang ada di pasaran.

 




Sumber : Kompas TV/Toms Guide




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x