Kompas TV internasional kompas dunia

Media Asing Soroti Janji dan Kebijakan Utama Presiden Baru Indonesia Prabowo Subianto

Kompas.tv - 18 Oktober 2024, 13:16 WIB
media-asing-soroti-janji-dan-kebijakan-utama-presiden-baru-indonesia-prabowo-subianto
Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto di Kremlin, Moskow, Rabu (31/7/2024). (Sumber: Kremlin.ru)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV – Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pada hari Minggu, (20/10/2024).  Sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, arah kebijakan Prabowo akan menentukan masa depan Indonesia dan mempengaruhi kawasan serta dunia. 

Berikut rangkuman janji-janji kebijakan Prabowo yang dilaporkan oleh kantor berita Reuters dan dikutip oleh media-media besar di seluruh dunia, yang akan dipahami publik dunia dan pembuat kebijakan secara umum. 

Baca Juga: Pelantikan Prabowo-Gibran Akan Dihadiri 20 Kepala Negara, Termasuk MBZ dan Raja Yordania Abdullah II

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto mendapat sambutan hangat dari Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam kunjungannya ke Istana Elysee, Paris, pada Rabu (24/7/2024). (Sumber: Istimewa)

Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi 

Prabowo menargetkan percepatan pertumbuhan ekonomi hingga 8% dari saat ini 5%, dengan mengembangkan industri pengolahan sumber daya alam yang melimpah di Indonesia. Program unggulannya, seperti pemberian makanan gratis di sekolah, diharapkan dapat mendukung pencapaian ini.

Prabowo juga membuka pintu bagi investasi asing. Penasihatnya mengatakan Prabowo berencana menawarkan pengelolaan bandara dan pelabuhan kepada investor asing. Sebagai Menteri Pertahanan saat ini, ia juga berencana menggalang dana melalui penjualan kredit karbon ke luar negeri guna mendanai proyek hijau yang menciptakan lapangan kerja.

Ketahanan Energi Dan Pangan 

Salah satu janji utama kampanye Prabowo adalah mencapai swasembada pangan dan mengurangi ketergantungan Indonesia pada impor bahan bakar.

Sebagai Menteri Pertahanan, ia memantau proyek "Food Estate" yang mencakup pembukaan lahan rawa untuk penanaman singkong. Proyek ini akan diperluas hingga mencakup 3 juta hektare lahan untuk menanam padi, jagung, dan kedelai, setara dengan luas negara Belgia.

Sebagian hasil pertanian tersebut akan diolah menjadi bioetanol. Selain itu, Prabowo berencana meningkatkan campuran biodiesel berbasis minyak sawit menjadi 50% pada tahun depan, dari 35% saat ini. Indonesia adalah produsen minyak sawit terbesar di dunia.

Baca Juga: Joe Biden Kirim Delegasi Hadiri Pelantikan Prabowo dan Gibran, Hanya Setingkat Dubes AS di PBB

Menteri Pertahanan dan Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto (kiri) dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese berjabat tangan di Gedung Parlemen Australia di Canberra, Selasa (20/8/2024). (Sumber: AP Photo)

Program Makan Bergizi Gratis  

Janji kampanye yang paling dikenal dari Prabowo adalah program “Makanan Bergizi Gratis” senilai Rp 441 triliun, yang menyediakan makanan untuk 83 juta anak-anak dan ibu hamil guna mencegah stunting.

Meskipun dianggap mahal oleh beberapa ekonom, program ini menimbulkan kekhawatiran dari lembaga pemeringkat dan investor bahwa pemerintah baru akan mengurangi disiplin fiskal yang diterapkan oleh presiden sebelumnya.




Sumber : Straits Times




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x